Pages

Wednesday, December 5, 2007

Fenomena Blog Belt, Blogger & m-Blog


Wow.., begitu decak kagum banyak pihak ketika beberapa saat lalu majalah BusinessWeek memasukkan Jakarta—yang ditengarai mencatat 130.000 blogger—Beijing, Singapura, serta Mumbai sebagai empat kota Asia dalam "Blog Belt" dunia, dengan lalu lintas posting dan komentar terbesar di antara 30 kota dunia.

Wow..., terceplos lagi ketika menyaksikan Pesta Blogger 2007 digelar di Jakarta pada 27 Oktober lalu. Sekitar 500 blogger datang dari pelbagai penjuru Indonesia, bahkan dari mancanegara untuk "kopi darat" dengan rekan-rekannya yang selama ini hanya ditemui di dunia maya.

Ada yang serius, ada yang urakan, bahkan bonek (bondo nekat) pun ada. Saking antusiasnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh sampai keceplosan menyatakan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Indonesia tanpa SK Presiden seperti laiknya hari nasional lainnya.

Blogging alias ngeblog menjadi fenomena baru, tumbuh sangat pesat, tak mengenal umur, dan strata sosial. Semua orang berhak membuat blog, baik yang serius—untuk referensi—maupun yang cuma untuk iseng, sharing kehidupan sehari-hari, atau sekadar buku harian si blogger. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk dikunjungi siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Yang menarik di sini adalah semua blogger berusaha mengundang "tamu" untuk mampir ke situsnya.

Secara sosiokultural, pertumbuhan pesat blogger di Indonesia sebenarnya tak mengherankan. Masyarakat Indonesia pada dasarnya memang suka bersosialisasi. Tentu kita masih ingat masa 1980-an saat booming breaker dan interkom. Di manamana, di kota ataupun di desa, ramai dengan para breaker dan kegiatan kopi darat. Ketika zaman berjalan dan teknologi berkembang, internet memberi ruang untuk melakukan ajang sosialisasi, yang lebih dari leluasa, tidak terbatas ruang dan waktu.

Seratus tiga puluh ribu blog, dan targetnya pada 2008 akan menjadi 1 juta, adalah potensi pasar yang luar biasa. Katakanlah setiap blog memiliki tamu loyal sebanyak 20 orang per hari, maka rata-rata 20 juta trafik blogger memenuhi kanal internet setiap harinya. Dari sisi viral marketing pun, fenomena blogger memberikan pilihan kanal distribusi komunikasi yang semakin luas.

Bagaimana kalangan bisnis melihat fenomena ini? Di Indonesia belum banyak perusahaan yang melihat fenomena blogger sebagai kekuatan komunikasi pemasaran. Dengan kata lain, belum banyak blogger yang menerima manfaat komersial dari perusahaan lokal. Jika berselancar di dunia maya, paling baru beberapa blog yang tampak ditempeli iklan berupa link mini site perusahaan. Tengok saja virtual.co.id atau ndorokakung.com, yang ditempeli minisite produk operator seluler.

Namun, perusahaan asing sebaliknya. Mereka sangat bersemangat memanfaatkan globalisasi fenomena blog. Lihatlah sepak terjang Google dengan Google Adsense-nya. Melalui Publisher Adsense, dia menjaring para blogger, termasuk di Indonesia, sebagai kanal promosinya. Beberapa blogger telah menikmati nilai ekonomis Google Adsense yang menempel di blog-nya.

Kini, demam Adsense memang sedang melanda blogger Indonesia. Kabarnya, mereka lebih suka berburu Adsense ketimbang banner perusahaan lokal. Maklum, belum banyak perusahaan lokal yang memanfatkan trafik blog—sebagaimana yang dilakukan Google—sebagai kekuatan komunikasi. Sementara dengan Adsense, mereka bisa memperoleh penghasilan paling tidak lima ribu sampai puluhan bahkan ratusan ribu dollar AS.

Di sisi lain, bagi perusahaan penyedia jaringan koneksi internet, fenomena blogger tentu sebuah kesempatan emas. Dari waktu ke waktu bisa dipastikan kebutuhan akses internet menjadi semakin tinggi. Pilihan teknologi akses internet pun semakin beragam, mulai dari dial-up, broadband, sampai ke wireless broadband.

Perkembangan teknologi bergerak sepertinya telah mengantisipasi fenomena blog ini. Buktinya kini begitu banyak pilihan ponsel pintar maupun PDA yang bisa untuk menjelajah internet dan update blog. Dan ke depan berbagai fitur yang diberikan perangkat bergerak ini akan semakin memudahkan para blogger untuk melakukan update blog-nya di mana saja, kapan saja. Inilah yang disebut mobile blogging (m-blog).

Para operator telekomunikasi seluler di Indonesia, yang sudah melengkapi jaringannya dengan layanan data, tentu saja mendapat tantangan baru untuk bisa memenuhi kebutuhan para m-blog ini. Kebutuhan mereka tak cuma ngobrol lewat ponsel, kirim SMS atau gambar, chatting, tetapi lebih dari itu. Mereka juga ingin bercerita panjang lebar, bertandang ke "rumah maya" tetangga, berinteraksi melalui komentar dan opini, atau mengirimkan gambar maupun video melalui ponselnya setiap saat.

Itu artinya, ada kebutuhan aksesibilitas, bandwidth memadai, dan tarif yang pas untuk mereka. Meski begitu, kebutuhan setiap blogger berbeda. Jika disegmentasikan, ada kelas blogger pemula yang cuma butuh chatting dan menulis buku harian di blog-nya. Ada juga tingkat berikutnya, yaitu blogger yang kebutuhannya komplet, tulisan, foto, dan video. Masalahnya sekarang, mampukah para operator seluler ini memboyong fenomena blogger ini menjadi fenomena m-blog?

Source: Kompas

Sunday, October 21, 2007

Pesta Blogger 2007

sabtu (27.10.2007) bertempat di blitz megaplex jakarta, akan diadakan ajang kumpul-kumpul berskala nasional yang pertama para blogger di indonesia. acara ini diprakarsai maverick, bubu dan didukung kementrian kominfo, microsot indonesia, nokia, kompas dan beberapa media lainnya.

tema pesta blogger 2007 kali ini adalah "Suara Baru Indonesia”. Tema ini dipilih karena ‘pesta’ ini diharapkan juga akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia; sehingga blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia.

di acara tersebut juga digelar ajang penghargaan Blog Favorit Pesta Blogger 2007 dalam bidang-bidang sebagai berikut: online marketing dan sales, women’s issues, teknologi, blog personal, blog selebriti, dan bridge blogging (blog yang ditulis dalam bahasa Inggris). juga ada penghargaan khusus bagi Blog Pendatang Baru Terfavorit—yakni untuk kategori blog yang maksimal baru berusia 6 bulan.

kalo tak ada aral melintang kita juga ikutan acara ini setelah diterima pendaftarannya beberapa waktu yang lalu sebagai 100 pendaftar terpilih untuk 2 blog yang kita bikin di www.tamtomo.blogspot.com siapa tau juga ada yang menominasikan ikutan kompetisi.

more info: www.pestablogger.com

Thursday, October 4, 2007

Save2pc: YouTube Video Downloader

"This application will help you download movies from YouTube fast and easy. Save2pc (formerly YouTUBE downloader) is a free application that will download videos from YouTube and save them as Avi or Mpeg files to your computer."
Streaming video klip dari internet khususnya situs YouTube dan Google Video akan terputus-putus apalagi koneksi internet di indonesia yang lambat. Untuk menikmati videoklip dengan nyaman sebaiknya kita terlebih dahulu download file video tersebut ke PC kita. Format file dari situs youtube dan googlevideo berjenis FLV (flash video) dan tidak semua player bisa memainkan video jenis ini, biasanya beberapa player yang umum terinstal di PC seperti Windows Media player atau WinAmp gak bisa memainkan jenis video ini biasanya hanya berformat MPEG, WMV dan AVI aja yang dapat diputer.

Salah satu tool buat download yang bisa di pake salah satunya Save2PC (YouTube Downloader), software ini mudah digunakan dengan tampilan yang user friendly. Cukup masukkan URL video yang akan di-download dari situs YouTube & Google Video dan klik START. Sebelumnya pilih dulu tempat nyimpen file yang udah di-doWnload, jenis file yang diiinginkan (MPEG, AVI atau FLV) dan source video klipnya (YouTube atau Google Video).

Freeware Save2PC (YouTube Downloader) dapat beroperasi pada operating system Windows 95, 98, Me, NT, 2000, XP, 2003 dan Vista.

DOWNLOAD FILE

Tuesday, October 2, 2007

Super DVD Ripper: Konversi DVD

Super DVD ripper software 2.39 is an easy to use DVD copying and ripping software which can copy DVD to XVID or DIVX AVI files or MPEG1 MPEG2 files, so that you can keep a small avi file in your notebook or mobile mpeg4 player to watch movie when you are travelling.
Buat yang punya hobi ngopi dan konversi DVD (VOB) ke format VCD, SVCD, XVID/ DIVX dan bahkan format AVI atau mpeg bisa menggunakan software ini. DVD terdiri dari file VOB yang bisa kita transfer menjadi format lain sehingga kita juga bisa mainkan di player lain atau kita share via internet misal pake youtube atau googlevideo.

Cara pemakainnyapun sangat mudah, tersedia dalam wizard buat setting konversi file. Sofware ini pun bisa buat backup DVD ke CD dengan cara yang mudah dan cepat.

Download: Super DVD Ripper

Friday, September 28, 2007

Blogger in Draft


~ Blogger in draft is a special version of Blogger where we try out new features before releasing them to everyone. Think of it as our sandbox, or laboratory, or just “Blogger + new things.” By taking your feedback and looking at what works and what doesn’t, we’ll be able to make features that much better when releasing them to everyone.~

Hobi nyobain fitur fitur terbaru yang belum dipublikasikan alias masih dalam taraf draft di blog yang diposting blogger.com? Jawabannya kita bisa buka di http://draft.blogger.com/ dan login dengan account google yang biasa dipake. Jika pengen pindah lagi menggunakan blogger yang normal (bukan yang draft) tinggal log in ke http://www.blogger.com/instead dan secara tampilan juga akan beda.

Kalo pengen tau lebih lanjut tentang fitur apa aja yang bisa kita cobain, buka aja http://bloggerindraft.blogspot.com/. Fitur-fitur seperti SEARCH BOX, POOLING, Video Posting dan yang lainnya bisa kita coba sebelum diplublikasikan secara resmi oleh blogger.com

Saturday, September 22, 2007

VCD Gear: Konversi VCD ke MPG atau WMV

VCDGear is a tool written to effortlessly extract MPEG streams from CD images, convert VideoCD files to MPEG, correct MPEG errors, create (Super)VideoCDs and more!. The first public release was back in late 1997 and ever since then, VCDGear has continued to grow in complexity, offering a multitude of features to make this a very powerful tool for VideoCD enthusiasts. VCDGear is the result of over 6 years of work
Kepingan CD yang berisi VCD biasanya kalo kita liat menggunakan explore hanya akan muncul extension .DAT, tidak semua player bisa membuka file extension ini, apalagi kalo ganbar di VCD ingin diedit.

Ada cara mudah dan gratis untuk mengubahnya menjadi format mpg atau wmv, download aja aplikasi gratis VCD Gear di SINI.

Setelah diinstal kita tinggal masukkan kepingan VCD ke CD ROM dan mainkan software ini, mau di konversi ke MPG atau WMV atau format lain tingal pilih aja dan save aja....

Selain itu software ini bisa buat mengoreksi file MPG yang rusak, membuat format VCD ataupun SVCD.

source: http://www.vcdgear.com/download.html

Thursday, September 20, 2007

Blogger Play: Watch The Blogs Go By

"Blogger Play will show you a never-ending stream of images that were just uploaded to public Blogger blogs. You can click the image to be taken directly to the blog post it was uploaded to, or click “show info” to see an overlay with the post title, a snippet of the body, and some profile information about the blogger who uploaded it."
Blogger baru saja meluncurkan layanan baru Blogger Play yang memungkinkan kita dapat melihat foto-foto dan gambar terbaru yang baru aja di upload para blogger yang ada di layanan blogspot.


Ketika kita meng-klik gambar tersebut kit akan dibawa langsung ke page tempat gambar kita posting. Kita juga dapat menemukan info tentang blogger yang barusan posting gambar tersebut.

Silahkan coba layanan ini di: http://play.blogger.com