Search

Tuesday, December 30, 2008

Awas Account Facebook Anda Terjangkit Virus & Worm

hati-hati buat pengguna facebook, setelah merebak worm Koobface yang menginfeksi account facebook maupun myspace saat ini juga merebak spam foto & video. kalo koobface menginfeksi komputer maka saat login ke facebook atau myspace otomatis akan menyebarkan worm tersebut ke daftar list friend yang ada di account tersebut. gak enak sih kirim imel bertubi ke beberapa teman untuk membuka file video palsu dan mengharuskan teman untuk mendownload plugin tertentu atau upgrade flash player terbaru misalnya, seketika itu pula setelah file terdonload dan tereksekusi akan segera menginfeksi komputer dan akibatnya sama akan menyebarkan file jahat tersebut ke daftar friend. so harus hati-hati mendonlod sesuatu dari suatu link dan dari sumber yang gak jelas dan harus rajin update sistem keamanan seperti anti virus.

terus yang akhir-akhir ini terjadi hampir mirip dengan koobface, cuman link yang dikirimkan kan berupa postingan di wall/ dinding profil facebook dan seolah-olah ditulis langsung oleh teman kita. isinya sih biaanya pemberitahuan dalam bahasa inggris kalo kita suruh buka suatu website buat liat foto-foto atau video yang ada di sana, mungkin ada yang sempat curiga karena gak pernah merasa posting di situ dan alamat websitenya pun ditulis bukan dalam link tapi dalam kata-kata dan buat yang penasaran akan menyalin satu-demi satu ke browser plus nambahin .com misalnya. tapi apa yang didapatkan? gak ada gambar kita, yang ada adalah kita suruh masukin username plus password facebook, itulah salah satu tipuan situs phising ini, jika kita memasukkan username dan password yang benar dijamin account facebook akan dikuasai spam dan efeknya semua info data pribadi juga akan dikuasai dan akan nyebarin ke temen temen yang lain. penanganan kasus inipun sebenarnya juga gampang, jangan buka website palsu tersebut termasuk memasukkan username dan password, tapi apabila udah terkena segeralah ganti password saat itu juga dan pastinya selalu update sistem keamanan komputer.

bahaya gak sih terinfeksi kedua virus/ worm itu? yang jelas pasti gak enak sama temen yang ketularan plus data-data pribadi misalnya no telepon, no credit card atau data apa aja bisa dikuasai file jahat untuk kepentingannya. dan masih banyak lagi masalah keamanan yang akan dibahas dipotingan berikutnya dan selalu waspada bahwa gak ada yang menjadi semuanya aman di dunia maya...

No comments: