Search

Wednesday, April 22, 2009

Video Uploads Disabled

hari ini niat mo upload video-video lama ke fesbuk yang sempet direkam diberbagai acara, kebetulan baru nemu file-file lama di pc waktu mo mindahin ke laptop. tapi niat itu urung juga dengan agak kesel karena tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak fesbuk ternyata fasilitas upload video udah dinonaktifkan alias disabled, gak tau mulai kapan yang jelas tadi siang jam 12an udah ada peringatan kalo gak bisa upload lagi karena pertimbangan copyright.

ya, facebook lagi giat-giatnya kasih peringatan atau langsung remove video yang "dianggap" melanggar hak cipta terutama buat video-video musik yang kita share secara umum atau everyone, buat menghindari video di-remove atur aja share untuk friends aja. kadang facebook juga aneh juga memperlakuan video yang berhak-cipta ini, kadang digeneralisir semua video dianggap ilegal, mungkin ini beda dengan youtube dengan standar yang lebih tinggi. ada pengalaman seorang sutradara video klip yang posting video karyanya malah dapat peringatan melanggar hak cipta tetapi orang lain yang posting malah gak diapa-apain, ini yang aneh dan mungkin ada beberapa kasus lain yang lebih membingungkan.

memang pengguna facebook dalam posisi yang lemah dibanding pihak facebook, coba pelajari lagi terms of service yang mengatur penggunaan semua fasilitas facebook. kita akan tau kalo ternyata semua data kita termasuk data pribadi yang ada di facebook, foto-foto maupun video yang diupload akan menjadi milik sah pihak facebook dan dimungkinkan akan digunakan untuk kepentingan facebook sendiri. nah loh? lucu gak sih kalo foto profil kita nongol di iklan facebook di tipi atau website atau media luar negeri?

itulah sedikit curhat, tumpahan kekecewaan karena gak bisa upload lagi video (melalui facebook ini!), tapi semoga account ini juga gak ikutan dihapus alias disabled... dan mungkin yang minat liat video boleh tengok juga yang di http://youtube.com/tamtomotv atau juga di http://tamtomotv.blogspot.com


No comments: