Search

Thursday, July 9, 2009

Fan Box Widget, New Fitur Facebook Page

Hari ini Facebook merilis winget baru yang diberi nama Fan Box khusus buat pemilik Facebook Page yang dapat disematkan atau dipasang di website atau blog. Berbeda dengan yang sebelumnya sudah ada yakni Badge yang juga dapat dipasang di web atau blog, Fan Box ini isinya lebih lengkap seperti buka halaman Facebook Page, pokoknya beda jauh dengan Badge yang hanya terdiri dari Nama, Profile Picture, Status dan Fans.

Fan Box ini lebih interaktif karena dapat melihat semua kegiatan di Facebook secara live streaming yang terdiri dari 3 komponen "Button", "Stream" dan "Fans List". Untuk "Stream" dan "Fans List" bersifat optional alias boleh ditampilkan atau tidak di website sedangkan untuk "Button" selain Profile Picture dan Nama juga ada tombol untuk menjadi fans atau "Become a Fans". Apabila "Stream" diaktifkan maka semua aktifitas Page akan muncul di widget termasuk "Status" dan "Recent Post" seperti Notes atau Picture/ Video Upload, apabila "Fans List" diaktifkan maka akan muncul foto-foto Fans serta jumlah Fans yang ada, jumlah Fans yang ada dapat diatur sesuai keinginan maksimal 100 fans meski secara default adalah 10 fans.

Widget yang kedua adalah "Live Stream Box" yang berisi menu "Everyone Watching" dan "Friends" serta ada kolom buat Update Status secara langsung dengan login terlebih dahulu pastinya. Menu "Friends" sudah pasti berisi semua upadte status dari "Fans" tetapi untuk yang "Everyone Watching" belum jelas pengguna Facebook mana ayang muncul di menu ini.

Mengenai bentuk dan ukuran widget ini juga dapat dicustomized, sebelumnya copy dulu script yang sudah tersedia untuk masing-masing widget ke notepad atau program pengolah kata lainnya. edit ukuran yang diinginkan dalam pixel (defaultnya lebar adalah 300 pixel) sebaiknya lebih dari 200 pixel, kalo tinggi secara default adalah 64 px hanya untuk "Button" sedangak kalo semua fitur disertakan akan menjadi 554 px. Untuk jumlah Fans yang akan disertakan dapat diatur dengan mengedit "connections" pada script (secara default adalah 10 fans dan maksimal 100 fans). Untuk mengatur stream stories dapat mengedit script menjadoi "0" untuk menyembunyikannya sedang secara deafult adalah "1" atau aktif.

Cara menggunakan widget ini juga mudah, pertama kunjungi Facebook Page yang akan ditampilkan ke website atau blog, lihat di bawah Profile Picture, klik "Add Fan Box to your site" trus pilih mau yang "Fan Box" aja atau "Live Stream Box", atur sesuai keinginan, copy script yang tersedia kemudian paste di tempat yang diinginkan di blog atau website.

Silahkan yang memiliki Facebook Page ini untuk mencoba di website atau blog dan bagi yang belum jadi member TamtomoVision boleh "Became a Fans" dengan mengunjungi http://www.facebook.com/pages/TamtomoVision/47904406328




No comments: