Search

Tuesday, September 15, 2009

New Facebook Feature, Status Tagging Method


Salah satu fitur Facebook yang disukai saat ini adalah kemampuan tagging notes, foto dan video yang diupload dengan nama teman di Facebook, tagging atau penandaan nama teman pada notes, foto atau video ini akan langsung masuk ke Wall teman yang di-tag. Mengikuti kesuksesan tagging notes-foto-video tersebut Facebook merilis "status tagging method" yakni melakukan tagging nama teman, Pages, Groups bahkan Events pada saat update status Facebook.

Awalnya tagging di update status ini mirip dengan reply yang ada di Twitter menggunakan simbol @ untuk menulis account pengguna lain di Twitter, tetapi pada Facebook saat mengetikkan simbol @ yang diikuti beberapa huruf nama teman atau Pages atau Groups atau Event yang diinginkan akan muncul barisan nama-nama di drop down menu yang dapat dipilih, mungkin sebelumnya ingat pada saat melakukan Search teman di Facebook akan terjadi hal yang sama.

Agak menarik penggunaaan status tagging ini karena semua nama yang disebutkan dengan simbol @ tersebut akan mendapatkan notifikasi serta postingan di Wall masing-masing dan ini terjadi juga pada tagging Page dan profil pribadi, beda dengan tagging pada notes, foto atau video yang tak dapat melakukan tagging untuk Pages, tetapi untuk Pages inipun tergantung pengaturan administrator pengelolanya apakah mau menerima tag dari fans atau tidak.

Contoh update Status: "@Tamtomo sedang mendengarkan lagu terbaru @Muse di @Starbucks" maka yang akan terlihat di profil pribadi Tamtomo dan Fans Pages Muse adalah "Tamtomo sedang mendengarkan lagu terbaru Muse di Starbucks". Status tersebut akan terlihat di wall milik "Tamtomo", "Muse" dan "Starbucks". Mungkin akan lebih enak kalo ngumpul disuatu tempat rame-rame disuatu tempat dan ingin semua nama teman disebutin plus nama tempat dan event yang ada sehingga semua Wall teman yang disebutin tadi ada postingan yang sama.

Silahkanmencoba fitur baru ini, mumpung belum ada batasan penggunaan simbol @ di Facebook, maksudnya sih penyalahgunaan simbol @ buat nyebar spam.. So gunakan Facebook dengan bijak...!

Written by: Tamtomo

Screenshot:




1 comment:

Cute Little Pocket said...

mas, kok diriku ga bisa yah? apa perlu di setting?