Search

Wednesday, October 21, 2009

Update Status & Terima Notifikasi Facebook Via SMS

Buat pengguna Facebook yang selalu pengen online via handphone tetapi gak ada aplikasi Facebook misalnya seperti yang ada di iPhone, BlackBerry atau Windows Mobile, saat ini selain dapat akses langsung via alamat m.facebook.com juga dapat menggunakan cara lain via SMS. Untuk cara pertama memerlukan koneksi internet alias GPRS harus aktif dengan kekurangannya tidah realtime online artinya harus refresh buat ngecek adanya notifikasi dari Facebook berbeda dengan aplikasi Facebook.

Yang dibicarakan saat ini adalah Update dan terima Notification dari Facebook via SMS atau Facebook Mobile Text, yang diperlukan cukup adanya pulsa yang tersedia tanpa koneksi GPRS sekalipun. Biaya yang dikenakanpun sesuai yang ditetapkan masing-masing operator. Fitur ini apabila sudah diaktifkan dapat digunakan untuk menerima semua Notification secara real time layaknya aplikasi Facebook seperti Friend Request, Messages, Wall Post dan Status Updates Friends. Fitur ini juga dapat digunakan untuk Update Status dan mengirim Message ke Friend cukup menggunakan SMS. Lumayan sih untuk model-model handpone yang gak mensupport GPRS tetapi tetap pengin online bersama Facebook.

Cara aktivasi Facebook Mobile Text ini setelah login Facebook di PC cari halaman Notification di alamat http://www.facebook.com/notifications.php trus cari sidebar sebelah kanan bawah setelah pengaturan Notification ada tulisan "Subscribe to Notification" klik aja yang "Via Text Message" trus ikuti petunjuk 3 tahap yang harus diikuti yaitu:

Step 1: Pilih negara dan operator yang digunakan. Untuk Indonesia baru mendukung untuk operator 3, Axis dan Telkomsel, operator yang lain belum terdaftar.

Step 2: Gunakan handphone, kirim SMS ke 32665 yang isinya huruf "f" (tanpa tanda petik).

Step 3: Tunggu balasan SMS tersebut yang berisi Kode Aktifasi, apabila tidak terima juga kode tersebut ulangi tahap 2 di atas. Apabila sudah terima Kode Aktifasi masukkan ke kolom yang tersedia.

Setelah semua tahap tersebut dilewati berarti fitur Facebook Mobile Text sudah dapat digunakan, coba dengan kirim Status Update. Silahkan mencoba fitur ini tetapi tetap ingat pemakaian pulsa yang digunakan.

Written By: Tamtomo

Screenshot:



No comments: