Search

Monday, June 8, 2009

Google vs Bing, Siapa Yang Lebih Unggul?


Ada yang sudah mencoba Bing? Yup mesin pencari (search engine) milik Microsoft sudah dapat digunakan dan saat ini siap bertarung dengan Google yang telah menguasai pasar pencarian selama ini. Bing, meski masih menyandang Beta version ini menggantikan MSN Live Search yang tak mampu bersaing dengan Google maupun Yahoo!Search, tetapi rupanya agak sulit menumbangkan Google tetapi untuk mengalahkan Yahoo!Search adalah hal yang mungkin bagi Bing.

Keunggulan Bing menurut Microsoft antara lain akan memberi banyak informasi tanpa terlalu banyak mengklik situs cukup sekali klik dengan adanya fitur "Instant Answers" dengan teknologi dari Powerset, ada fitur "Best Macth" untuk mengidentifikasi jawaban yang dinilai paling informasi yang diperlukan, kemudian fitur "Quick Tabs" akan muncul otomatis di hasil pencarian dengan informasi yang lengkap berhubungan dengan topiknya. Bing juga diklaim mempermudah belanja online karena informasinya selain komplet juga disertai review produk yang diinginkan, contohnya fitur "Bing Travel Rate Key" yang menyediakan perbandingan lokasi hotel serta harganya yang ditampilkan dalam warna merah pada tulisannya. Ada fitus "Bing Maps" yang berisi peta yang berasal dari Virtual Earth milik Microsoft.

Dari segi penampilan, mungkin Bing menarik dengan background yang berbeda-beda dan yang ini berlawanan dengan Google yang tampil sederhana dengan kepolosannya. Selain latar belakang beserta kotak pencarian, tersedia menu pilihan seperti search engine lain antara lain Web, Images, Videos, Shopping, News, Maps dan More yang berisi xRank serta link menuju Windows Live dan MSN. Untuk pencarian Web ada preview dari beberapa baris pertama setiap artikel, untuk pencarian Images lebih unik lagi karena ada pilihan berdasarkan ukuran, layout, warna, style dan juga pilihan People yang meliputi hanya wajah atau lengan/ tangan atau bagian lainnya serta pilihan ukuran thumbnail yang akan muncul di halaman pencarian. Untuk pencarian Video juga akan dihadapkan dengan pilihan panjang video, ukuran screen, resolusi dan sumber dari hasil pencarian. Di menu pencarian More tersedia fitur xRank untuk mengetahui siapa dan apa yang paling banyak dicari saat ini.

Silahkan mencoba search engine baru ini.

Written By: Tamtomo

No comments: