Search

Sunday, September 13, 2009

Review Layanan Baru Facebook Lite


Kemarin Facebook secara resmi meluncurkan layanan terbarunya Facebook Lite untuk umum yang menurut keterangan di homepagenya yang bergambar balon udara tiga buah (tak lagi peta dunia dengan jaringannya!) adalah The Fastest Way To Keep In Touch. Alamat Facebook Lite dapat ditemui di http://lite.facebook.com dengan account Facebook yang biasa.

Warna Facebook Lite masih sama yakni dominan biru tua, biru muda, abu-abu dan putih. Dibanding yang biasa, Facebook Lite lebih sederhana, di header hanya ada menu Profil, Events, Inbox, Setting, Log Out Dan kolom pencarian. Di halaman Home lebih sederhana hanya tersedia Top Stories, Notification dan Suggestion Friends.

Di halaman profil berbeda sekali dengan susunan yang berbeda seperti Wall, Info, Friends, Photos & Video dalam sidebar kiri sedang status hanya ada di wall bukan di samping nama. Di bawah nama pemilik account juga hanya tersdia menu untuk menulis Wall, posting foto dan video. Isi Wall lebih bersih dibanding Facebook biasanya. Notifikasi yang masuk juga akan muncul di footer, bukan di bawah sebelah kanan seperti versi biasanya.

Halaman Events berisi acara-acara yang ada saat ini sampai dengan ke depan dengan susuanan yang rapi termasuk juga tanggal ulang tahun Friends, di halaman ini juga terdapat Create Event untuk membuata suatu acara serta mengundang Friends untuk hadir. Di halaman Inbox cersi Facebook Lite ini hanya berisi pesan yang masuk dari pribadi maupun Groups tidak termasuk Updates dari Facebook Pages.Seperti biasa berisi Inbox, Sent, Unread, Search dan New Message.

Untuk pengaturan setting versi Lite ini hanya tersedia pengaturan Account (Email, Password, Mobile & Language) dan Privacy (Profile, Friendship dan External Website). Belum semua pengaturan aktif ada beberapa yang belum bisa dilakukan, untuk pen gaturan bahasa sudah tersedia 50 lebih bahasa di dunia termasuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa (meski untuk Bahasa Jawa saat dicoba belum aktif).

Trus kalo Facebook Lite ini lebih cepat dengan menghilangkan beberapa fitur versi biasanya, salah satu korbannya adalah fitur Chat dan fitur Boxes dengan beberapa aplikasi yang menyertainya. Termasuk pilihan untuk masuk ke Groups dan Pages secara langsung juga sulit kecuali dari Info atau Search atau mengetikkan secara langsung alamat Pages. Membuat dan membaca Notes secara langsung juga tak ditemukan kecuali dari yang ada di Wall atau hapal dengan alamatnya seperti Notes yang saya buat dengan alamat http://lite.facebook.com/tamtomo/notes (ini berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan nomor ID untuk setiap Notes). Kalo masalah iklan masih ada di sidebar sebelah kanan (saat ini baru terisi iklan tentang Facebook Lite).

Salah satu yang unik dari Facebook Lite ini adalah tersedianya tulisan terbalik (Upside Down) dan English (Pirate) dengan bahasa yang aneh. Penasaran? buka aja http://lite.facebook.com atau liat screenshot di bawah ini.

Written By: tamtomo
Follow Me On Twitter










2 comments:

mfrgoo said...

mudah2an facebook lite cepet nongol di indonesia
mohon ijin pangen copas screenshootnya

my blog: mfrgoo@blogspot.com

mfrgoo said...

mudah2an facebook lite cepet nongol di indonesia
mohon ijin pangen copas screenshootnya

my blog: mfrgoo.blogspot.com