Search

Tuesday, February 23, 2010

Measuring Tweets: 600 Tweets Per Second!


Tahun ini pertumbuhan Twitter meningkat tajam di seluruh dunia, buat pengguna Indonesia bahkan banyak yang sudah meninggalkan Facebook dan ini seperti yang terjadi tahun lalu saat Facebook booming menggantikan Friendster. Sebanding dengan data pengguna Twitter di seluruh dunia jumlah tweet atau update hampir mendekati status update yang dilakukan pengguna Facebook perharinya yang berjumlah 60 juta status update perhari.

Data terakhir yang dilansir Blog Twitter posting di Twitter atau tweets sudah mencapai 50 juta per hari atau rata-rata sudah mencapai 600 tweet per detiknya dan yang paling menggembirakan jumlah tweets di Indonesia seringkali mendominasi pada jam-jam sibuknya nge-twit termasuk beberapa Trending Topic dari Indonesia. Menurut data, Tweeps Indonesia bahkan menempati urutan pertama di Asia dan kalau secara global berada di posisi nomor 6 di bawah Amrik, Brazil, Inggris, Kanada dan Jerman.

Data 50 juta tweet per hari yang dilansir pihak Twitter tidak termasuk yang diidentifikasikan sebagai spam yang tidak ikut dihitung alias dihapuskan. Dari grafik di atas terlihat sekali pertumbuhan yang luar biasa dari yang hanya 5 ribu tweet per hari di tahun 2007 kemudian menjadi 300 ribu per hari di tahun 2008 dan di rtahun 2009 tumbuh pesat menjadi 35 juta perhari sampai 50 juta perhari di tahun 2010 ini.

Kalo melihat data di atas di tahun 2010 ini pasti sudah melampaui Facebook yang saat ini untuk kalangan tertentu masih menjadi "hobi baru" tetapi buat kalangan tertentu pula sudah ditinggalkan dan diakses cuman sekedar buat main game atau bercocok tanam atau beternak aja... Anda ikutan yang mana?

No comments: