Search

Tuesday, February 9, 2010

Picasa Facebook Uploader, Upload In A Snap!


Salah satu fitur baru facebook adalah Photo Uploader yang baru dirilis beberapa hari yang lalu setelah ultah ke 6 Facebook melengkapi beberapa cara upload foto ke Facebook sebelumnya. Cara lama yang biasa dipake selain "Mobile Uploader" adalah "Simple Uploader", ada juga aplikasi "FlickrTab Facebook App" untuk menampilkan Public Flickr Collections, Sets and Photos dalam bentuk Tab pada halaman Facebook bahkan halaman Fans Page serta bermanfaat untuk mengintegrasian foto yang ada di Flickr di halaman Facebook.

Sejenis dengan Flickr, Picasa milik Google juga memiliki aplikasi serupa yang dapat melakukan upload foto via aplikasi Picasa dengan nama "Picasa Facebook Uploader" yang dapat melakukan upload foto secara cepat dan dalam jumlah banyak dari perangkat komputer. cara pemakaiannya juga termasuk mudah dengan sebelumnya menginstall Picasa 2 atau 3 dari http://picasa.google.com aplikasi ini terbilang lengkap termasuk editing foto dan kelola koleksi foto termasuk hosting di Picasa.

Setelah install aplikasi Picasa di komputer segera pasang juga aplikasi "Picasa Facebook Uploader" untuk account Facebook dengan mengunjungi alamat http://apps.facebook.com/picasauploader/ ikuti perintah yang ada termasuk pemasangan plugin atau button di aplikasi Picasa di komputer (liat screenshot di bawah). Setelah terpasang atau terhubung antara Picasa di komputer dan Facebook maka di bagian bawah ada tombol atau button Facebook (logo f).

Cara upload juga mudah dengan cara buka folder foto yang akan diupload dan diberi tanda centang (x) trus ikuti lagi petunjuk yang ada termasuk pemilihan album di Facebook buat menempatkan koleksi fotonya atau bahkan membuat album baru termasuk memberikan keterangannya. Foto yang diupload dapat juga ditentukan siapa aja yang boleh melihatnya dan juga perlu dilakukan "approve" terlebih dahulu untuk "publish" setelah itu baru dapat dilihat di halaman Facebook.

Gampang kan? Dan yang penting dari cara ini adalah hemat waktu dan lebih cepat untuk upload foto dalam jumlah banyak.

Screenshot:











No comments: