Search

Sunday, October 31, 2010

The Story Of First Unlocking Super Duper Swarm & Epic Swarm


pertumbuhan pengguna foursquare yang meningkat tajam di tahun ini yang mencapai lebih dari 4 juta pengguna menjadikan pihak foursquare juga tak lagi hanya mengeluarkan badge "swarm" dan "super swarm" yang saat ini mudah sekali untuk didapatkan. bahkan untuk badge "swarm" dengan syarat cek in berbarengan sebanyak 50+ orang adalah hal yang sudah terbiasa terjadi, sebagi contoh di berbagai mal di jakarta seperti grand indonesia, senayan city atau pondok indah mal.

badge lain adalah "super swarm" yang rilis saat ajang sxsw 2010 dengan syarat user foursquare yang cek in berbarengan sebanyak 250+ juga mudah terjadi pada event pengumpulan massa seperti acara pertunjukan musik atau pertandingan suatu olah raga. terutama bagi pengguna foursquare di indonesia mayoritas sudah memiliki kedua badge ini.

bahkan dahulu kala sewaktu pengguna foursquare masih sedikitpun unlock "super swarm" pertama setelah sxsw 2010 pun juga terjadi di indonesia, waktu itu dalam rangka "premiere iron man 2" di salah satu bioskop yang dilanjutkan dengan super swarm ketiga pada peringatan "peristiwa tragedi trisakti". setelah itu terjadi lagi beberapa pemecahan badge "super swarm" termasuk yang di "festival jajanan bango", "festival monas" maupun "#ssmerahputih". list lengkap unlocked "super swarm" dapat dilihat di http://bit.ly/SuperSwarm

selain badge "swarm" ada bonus juga badge "swarm" lain di malam-malam perayaan halloween, foursquare mengeluarkan badge "swarm" edisi halloween dengan nama "spooky swarm" yang dapat diunlock bersamaan dengan unlock badge "swarm" pada saat malam-malam halloween dengan syarat sama yakni 50+ user foursquare cek in berbarengan.

lalu setelah tercapai jumlah 250+ user tersebut biasanya kalo event "swarming party" bisa mencapai jumlah diatas 1000+ bahkan 2000+ atau 3000+ seperti acara "super swarm merah putih @ssmerahputih" tahun lalu tetapi tidak ada tambahan badge baru. kejutan memang sering sekali diberikan foursquare dengan badge-badge barunya termasuk dua badge halloween dan dua badge baru keluarga "swarm" yakni "super duper swarm" dan "epic swarm" padahal pada saat even milik "big boi di university of nebraska-lincoln" beberapa waktu yang lalu sering sekali disebut bakal ada badge "mega swarm" tetapi bahkan tak terjadi.

iseng-iseng kemarin pas tanggal 28 oktober 2010 malam paska peringatan soempah pemoeda 2.0 sempat cek in di grand indonesia setelah sebelumnya ada info di malaysia ada yang unlock "spooky swarm" ternyata di "grand indonesia shooping town" yang biasanya emang "swarming" juga bisa unlocked "spooky swarm" selain juga "halloween 2010". kisah berlanjut setelah banyak follower twitter yang ikutan cek in di "grand indonesia shooping town" sampai tidak sengaja unlocked juga "super duper swarm" yang sebelumnya belum pernah sama sekali terunlock dimanapun. kisah perjalanan unlock keluarga baru "swarm" makin berlajut setelah mencapai 1000+ terunlock juga badge terbaru bernama "epic swarm" bukan "mega swarm" seperti yg dikenal sebelumnya.


mengherankan juga setelah beberapa milis posting tentang kehadiran "spooky swarm", "halloween 2010" bahkan "super duper swarm" dan "epic swarm" membuat venue "grand indonesia shooping town" penuh sesak dengan 3000+ user foursquare yang "check-in" berbarengan sekitar jam 3 pagi. awalnya diperkirakan pada saat hajatan #pb2010 (pesta blogger 2010) terunlock juga kedua badge ini tetapi ternyata di event itu venue yang digunakan banyak sekali, setiap booth membuat venue sendiri terpisah dengan lokasi utama rasuna epicentrum..

pemecahan rekor unlock "super duper swarm" terjadi juga di tempat lain seperti di new york dan washington dc di acara comedy central sampai akhirnya juga pecah juga rekor ke dua unlocked badge "epic swarm" dia acara "rally for restore sanity".

kira-kira kapan ada "super duper swarm" dan "epic swarm" di indonesia? tunggu update terus di blog ini atau di twitter @tamtomo2

screenshot:


3 comments:

Markus S said...

Hi there... If you guys in Indonesia keep up the Foursquare trend like this you might end here:
http://bit.ly/swarmbadges

I photoshopped a little and out came the "Indonesian Giga Swarm" ;)

Cheers from Germany,
Markus

aL_MarhuM said...

Seru abiss.... Aku saat itu di san francisco mau unlock trainspotter.... Jadi iri liat apa yg terjadi di GI... Krn sodara2ku yg kuberitau utk join supaya dpt spooky malah dpt 5 badge sekaligus d 1 venue kejadiannya jam 11 malem, krn iri aku nekad change location ke jakarta pd jam segitu rencana jam 3 pagi mau ke GI, ternyata pas cek in jam 3 pagi GAGAL, akirnya aku masuk ke history aku hapus semua cek in pd hari tsb, lalu cek in lagi ke GI eh ternyata berhasil dapat juga 4 badge...

Edoi said...

Sama dengan al_marhum.. Gw juga karna baru dpt badge Trainspotter di San Fancisco.. Menjadi iri setelah di GI byk yg dpt badge Epic.. Terakhir nunggu jam 1.30 buat check in.. Eh ternyata Gagal.. Akhirnya aku pasrah di GI.. Dan rupanya besok nya di Rally tu gw akhirnya dpt juga.. :$:pĦ¹!¹н¹i¹:$:pĦ¹!¹н¹i¹:p:$..