Search

Sunday, November 9, 2008

Ping.fm: Update Status Facebook Via Messenger


Pada postingan sebelumnya kita bicara tentang cara update Twitter yang sama persis dengan status di Facebook menggunakan aplikasi fb2twitter. Sebenernya kalo cara ini memanfaatkan RSS dari status kita di Facebook dan yang lebih canggih juga bisa mempublish status Facebook dari friend dengan memanfaatkan RSS yang ada. Cara publish status Facebook tersebut dapat dilakukan untuk layangan lain yang dapat membaca RSS dan mempublish-nya sebagai contoh layanan Friendfeed, Blogger, Multiply, Wordpress, Friendster dana beberapa yang lain.

Kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara update status Facebook sekaligus posting di Twitter dan Plurk menggunakan cara yang lain yaitu menggunakan Instant Messenger dan Via Email. Saat ini kebanyakan PCholic memiliki account di beberapa layanan jejaring sosial (Facebook, Friendster, MySpace, hi5 & Bebo), layanan jurnal sosial & microblogging (Twitter, Plurk & Jaiku) dan layanan blogging (Blogger, Multiply, Yahoo360, LiveJournal, Xanga & WordPress) dan sungguh merepotkan apabila ingin memposting sesuatu di semua layanan ini dengan topik yang sama.

Saat ini udah ada layanan yang bernama Ping.fm, sesuai slogannya "update all of your social networks at once!", meski masih dalam taraf beta Ping.fm menyajikan layanan sederhana untuk meng-update semua layanan sosial yang kita miliki secara serentak dan berbarengan. Yang unik selain cara update atau posting tulisan dengan menulis langsung di situs Ping.fm adalah update menggunakan email dan instant messenger seperti Yahoo!Messenger, GTalk, AIM dan Wondows Live Messenger, kita juga tahu gak setiap saat di depan pc atau laptop tetapi yang selalu ada di samping kita adalah perangkat seluler seperti hp atau blackberry. syaratnya cuman satu perangkat seluler tersebut minimal tersambung dengan jaringan GPRS dan umumnya sudah tersedia pula aplikasi instant messenger tersebut.

Pertama-tama buka situs Ping.fm trus daftar dulu sekalian login kalo udah kelar terus setting layanan jaringan mana aja yang akan dikoneksikan dengan Ping.fm misalnya Facebook, klik aja add network terus masukkan username & password dan pilih update status saja atau termasuk blogging juga yang akan muncul di Wall Facebook. Saat ini ada 31 layanan jejaring sosial yang sudah nyambung dengan Ping.fm (listnya ada di bawah).

Setelah dipilih layanan yang sesuai, tentukan juga cara lain yang diinginkan selain via situs Ping.fm. Apabila menggunakan cara email yang dapat ditujukan ke alamat email yang ada disediakan Ping.fm yang bersifat private & confidencial dan sewaktu-waktu dapat diganti, kunjungi terlebih dahulu di http://ping.fm/email . Posting menggunakan imel ini dapat pula ditambahkan gambar dengan cara di-attach di imel yang dikirimkan.

Cara kedua adalah menggunakan layanan instant messenger, apabila menggunakan Yahoo!Messenger tambahkan "pingdotfm" dalam daftar contact Yahoo!Messenger terus kirimkan kode verifikasi ke contact tersebut, setelah ada jawaban saat itu juga dapat mulai menggunakan layanan ini. Cara yang sama juga untuk GTalk dengan menambahkan "pingdotfm@gmail.com" dalam daftar contact dan memverifikasi kode yang didapatkan.

Ok selesai sudah setting Ping.fm dan mulailah menghemat waktu dalam bermain di jejaring sosial dan yang penting karma di Plurk akan selalu bertambah. silahkan dicoba ya.

List layanan:
Pownce, MySpace, Linkedin, Tumblr, Identi.ca, Brightkite, Friendfeed, Jaiku, Blogger, Plaxo Pulse, LiveJournal, Bebo, hi5, Mashable, Flickr, Yammer, Multiply, YouAre, Diigo, Koornk, Yahoo360, Delicious, Friendster, Custom URL, Rejaw, WordPress, Xanga, kwippy, Facebook, Plurk, Twitter.

List Services/ Tools:
AOL Instant Messenger, GTalk, Yahoo!Messenger, Windows Live Messenger, iGoogle Gadget, iPhone Web Application, facebook Apllication, WAP, Ping through SpinVox.

Written by: tamtomo

No comments: