Search

Monday, November 10, 2008

Profile 2.0, Fitur Baru MySpace


Tanggal 10 November kemarin MySpace merilis Profile 2.0 yang udah mulai dapat digunakan di profil MySpace masing-masing, Profile 2.0 ini bersifat optional artinya pengguna MySpace diberi kesempatan untuk mencobanya dan apabila gak berkenan boleh balik lagi ke profil lama versi 1.0. Pada profil yang baru ini pengguna dapat menyembunyikan secara khusus beberapa fitur seperti komentar, jadwal dan daftar teman, memungkinkan untuk memindah secara mudah dengan cara drag & drop ke tempat yang diinginkan, bahkan pemgguna dapat memilih untuk menampilkan hanya bagian tertentu aja dari profil masing-masing untuk kategori teman yang diinginkan.

Saat ini sudah tersedia 25 tema profil termasuk tema khusus seperti Transporter 3, Punisher War Zone, dan The Spirit. Cara upgrade ke Profile 2.0 ini pun mudah tinggal masuk ke menu Profile terus masuk ke Customize Profile dan pilih tema yang diinginkan terus setting Layout Profile sesuai keinginan dengan cara drag & drop dan tinggal di-publish. Atau edit yang lebih dengan masuk ke Advanced Edit dan CSS, di menu Advance Edit juga dapat diatur Background, Content dan Module-nya. Trus apabila pengen balik lagi ke profil yang lama, tinggal masuk ke menu Customize Profile dan klik aja menu Go Back.

Menurut Blog dari Thomas ”Tom” Anderson sang pendiri MySpace, Profile 2.0 ada 4 Big Ideas yang diharapkan antara lain Privacy, Speed, Customization dan Web Standards. Pengguna MySpace diperbolehkan menyembunyikan fitur tertentu dan hanya dapat dilihat oleh kelompok tertentu saja, terus kecepatan load Profil 2.0 ini diklaim lebih cepat dibanding sebelumnya termasuk kecepatan dalam melakukan pengeditan konten. Masalah Kustomisasi lebih mudah dengan adanya fitur drag & drop, banyak pilihan yang disesuaikan dengan keinginan pengguna seperti bentuk huruf, ukuran, layout, background bahkan editing menggunakan CSS milik sendiri. Yang terakhir Profile 2.0 ini sudah fully compliant terhadap persyaratan W3C so lebih enak dibanding sebelumnya.

Saat tulisan ini dibuat pengguna MySpace berjumlah 249.610.476 sesuai dengan jumlah teman yang ada di situs MySpace milik Tom sang pemilik MySpace dan setiap detik akan selalu bertambah. Menurut Wikipedia, MySpace merupakan salah satu Social Networking milik jaringan Fox Media Interaktif (Anggota News Corp) yang didirikan tahun 2003 oleh Tom Anderson dengan slogan A Place for Friends. MySpace di bulan Aprl 2008 ini mengungguli pesaing utama Facebook berdasarkan kunjungan unik yang tercatat oleh comScore, di MySpace pengguna dapat membuat jaringan teman, profil pripadi, blog, grup, upload foto dan yang utama buat para musisi adalah share musik dan video.

Yang belum memilik akun segera log on di MySpace, gabung di TamtomoSpace juga boleh.

No comments: