Search

Friday, May 14, 2010

Login Notification: New Facebook's Security Feature

beberapa hari ini baru marak akun facebook yang dibajak ataupun dihack, kabar terakhir bahkan akun milik salah satu petinggi facebook juga tak luput dari pengambilalihan kepemilikan. banyak cara yang dapat dilakukan para pengguna facebook untuk menghindari hacking, phising, scamming sampai dengan spamming termasuk pengaturan privacy maupun security.

dari pihak facebook-pun ternyata tidak tinggal diam dengan kasus ini, kemarin facebook melansir fitur baru buat menambah keamanan berfesbuk. ada dua cara yang diperkenalkan yakni "login notifications" dan "blocking suspicious logins".

fitur "login notification" memungkinkan pengguna untuk menyetujui perangkat yang biasa digunakan untuk "log in" dan akan memberitahukan segera melalui notifikasi apabila akun facebook diakses dari perangkat yang belum disetujui. untuk mencoba fitur ini dengan cara mengunjungi menu "account setting" di kanan atas lalu klik "account security", di bawah pertanyaan "would you like to receive notifications for logins from new devices?" tick aja lingkaran di depan "yes" kemudian klik tombol "submit".

kalo fitur ini sudah diaktifkan maka apabila kita login akan diminta untuk memberi nama dan menyimpan perangkat yang digunakan untuk mengakses facebook. contoh perangkat yang dapat didaftarkan misalnya komputer rumah, komputer kantor ataupun perangkat seluler yang biasa digunakan. apabila ada orang lain yang mengkases akun kita dari perangkat yang tak dikenal maka apabila notifikasi kita aktifkan akan segera memberitahukan melalui alamat imel sehingga pengguna dapat langsung melakukan pencegahan misalnya me-reset password atau bahkan menghapus perangkat tak dikenal tersebut.




fitur kedua adalah "blocking suspicious logins" atau memblokir login yang mencurigakan. contohnya apabila ada seseorang yang mencoba akses akun kita dari perangkat yang tidak biasa maka akan diminta menjawab pertanyaan verifikasi tambahan untuk membuktikan keabsahan kepemilikan akun. pertanyaan verifikasi bisa tentang tanggal lahir atau mengidentifikasi nama teman di foto atau pertanyaan lain yang sulit dijawab orang lain tetapi mudah bagi pemilik.


dengan kedua fitur tersebut sebagai pengguna facebook selain lebih hati-hati, sering menggati password apabila diperlukan juga agar lebih perhatian untuk tidak mengunduh software mencurigakan yang menyebabkan akun facebook dibajak atau diacak-acak hacker.

No comments: