Search

Sunday, May 9, 2010

The New Google Design


beberapa hari yang lalu para pengguna setia google pasti merasakan ada keanehan di halaman utama google. bukan karena adanya google doodle atau logo spesial peringatan tetapi logo utama google yang berbeda dari biasanya. logo baru google lebih cerah dan lebih sederhana, tak ada lagi shadow/ bayangan abu-abu mendampingi setiap hurufnya serta hilangnya logo "TM" di ujung tulisan "google".

secara keseluruhan akan tanpak terlihat jelas perbedaannya setelah memasukkan kata kunci yang dicari dan mendapatkan hasil pada halaman baru. ada dua kolom yang tersedia, di sebelah kiri terdapat "Search Options panel"yang dapat disembunyikan atau dimunculkan dengan menekan tanda panah. option yang dapat dipilih berupa pilihan berdasarkan jenis konten seperti "images", "video", "updates", "news" atau "maps" serta adanya pilihan berdasarkan waktu. yang menarik kali ini kita juga dapat melihat hasil pencarian dari twitter di pilihan "updates". coba juga pilihan lain di "blogs" maupun "book" atau "discussions" yang merujuk ke forum atau milis.

panel kedua di sebelah kanan sebagai panel utama hasil pencarian lebih enak dan relevan dengan pencarian yang kita inginkan. perubahan lain di panel ini adalah di kotak pencarian bagian bawah yang terdapat logo google dengan huruf "o" yang jumlahnya sesuai halaman pencarian, kali ini hanya terdiri warna putih tanpa dasar warna biru dan kotaknya lebih panjang dari biasanya.

desain terbaru di atas sepertinya juga masih dikembangkan terus oleh google termasuk seperti yang diposting di blog resminya ada empat prototipe lain seperti "blue homepage", "blue button", "universal bars" dan "blue results". kita tunggu aja perkembangannya...

Screenshot:



No comments: