Search

Monday, May 17, 2010

Hati-Hati Virus Facebook: Candid Camera Prank!


udah menjadi korban virus fesbuk yang sedang menjalar atau pengen terhindar dari virus memancing kita nge-klik link video seksi yang masuk di wall kita?. saatnya hati-hati dengan link yang masuk di wall kita meskipun seolah-olah berasal dari teman atau keluarga dekat kita.

bulan mei ini, di tengah-tengah kontroversi isu privacy di fesbuk juga mewabah virus "candid camera prank!", mungkin beberapa hari lalu pernah liat di wall ada postingan dari teman tentang link video candid camera yang seksi dan buat kalangan tertentu yang agak "ngeres" pasti akan langsung nge-klik video yang seolah-olah dari winamp tersebut (liat gambar di atas). efeknya sih bukannya melihat tampilan video hot tetapi terjangkit virus dari aplikasi jahat yang bakalan terinstal di fesbuk dan secara otomatis mengirim link serupa ke daftar teman yang ada.

mengganggu gak sih? ya pasti aplikasi jahat "winamp for facebook" tersebut merugikan dengan mengirim bertubi-tubi ke beberapa teman dan akan berlanjut ke temannya dari teman kita yang baru di-klik juga. (pengalaman beberapa hari lalu pernah liat di wall dan karena mencurigakan langsung di remove aja...).

pihak facebook sendiri melalui pages-nya menyarankan untuk tidak melakukan klik untuk link yang mencurigakan: "Tip of the Week: Don't click on suspicious-looking links, even if they've been sent or posted by friends. If it seems strange for a friend to be sharing a particular link, delete it, and notify the person right away."

lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjut terjangkit virus ini? caranya gampang, coba klik menu "account" di kanan atas, scrool ke bawah cari "application setting" atau klik link ini abis itu cari aplikasi "winamp" dan klik tanda silang "x" di sebelah kanan, trus muncul pop-up "remove winamp?" klik aja "remove".

abis menghapus aplikasi virus tersebut buruan kasih tau temen-temen yang udah dikirimin link tersebut buat menghapus juga... kalo perlu minta maap dikit sambil kasih link tulisan ini ya... he he..

tips buat terhindar dari virus/ scammer/ phising atau apapun penipuan via facebook selain jangan klik link yang mencurigakan juga jangan terpancing dengan sesuatu yang hot atau seksi atau permintaan teman/ friend request dari orang dengan foto yang setipe...

Screenshot:

3 comments:

hero said...

iya bener, kebetulan kemaren temen saya kena juga, malem2 dia telp katanya nge-klik video itu langsung kekirim ke temn2nya, karena merasa buat jaga image-nya, dia jadi kebingungan. saya belum tau sumbernya, tapi saya saranin ke temen itu supaya nge remove aja aplikasi yang berhubungan dengan video itu, dan yang udah terlanjur terkirim juga di remove, biar "image" nya tetep terjaga. hehe. untung kjadiannya malem2, jadi gak semuanya tau, n udah diremove duluan, Thanks buat tamtomo ttg solusinya.

Anonymous said...

Q jga kna virus i2...

Rsa.a malu banget...

Mksih yaw solusi.a

Anonymous said...

mas, boleh saya copas jadi note ga?