Follow us on foursquare

Popular Posts

Tuesday, March 17, 2009

Smart Recovery, Data Digital Yang Terhapus


Beberapa saat yang lalu saat liburan di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, memory card yang digunakan untuk menyimpan foto & video di perangkat kamera digital tidak dapat dibaca secara tiba-tiba di perangkat kamera maupun di PC. Saat itu memang dibaca di PC tidak ada file sama sekali tetapi apabila di periksa masih tersimpan sejumlah megabyte yang terpakai meski kosong, sempat pula utak-atik pake berbagai software versi trial dan didapatkan thumbnail dan perlu kunci buat nge-save gambar aslinya.

Utak-atik lagi baru sempat dilakukan lagi menggunakan software PC INSPECTOR™ Smart Recovery yang bersifat freeware, hasilnya memuaskan dengan waktu cuma dalam hitungan menit dan gak sampai 1 jam sudah dapat me-recovery sekitar 280 foto atau 100% tanpa cacat. Sofware dari Convar ini layak digunakan selain gratis untuk memulihkan data-data yang terhapus atau memory card yang rusak karena tercabut secara tiba-tiba. Memory card yang didukung antara lain Flash Card™, Smart Media™, SONY Memory Stick™, IBM™ Micro Drive, Multimedia Card, Secure Digital Card dan beberapa media penyimpanan kamera digital. PC INSPECTOR™ Smart Recovery dapat bekerja dengan baik pada semua sistem Win9x dan Windows ME, NT 4.0, 2000 maupun XP.

Penggunaan sofware ini mudah sekali dengan beberapa kali klik, apabila pengen lebih ada setting-an dalam Fast Mode (lebih cepat) dan Intensive Mode (apabila mode pertama tidak memuaskan hasilnya). Media data yang kita periksa juga dapat dilihat berdasarkan Search File yaitu dicari berdasarkan jumlah file, Sector, Sector Count dan Read Error. Mode lain adalan Check Media untuk mengetahui Empy Sector, Sector berisi data dan Disc Usage atau persentase yang sudah digunakan.

Format data yang dapat dipulihkan juga beraneka macam berupa format video, audio maupun foto seperti .jpg, .amr, .tif, .bmp, .gif, Canon .crw , Fuji .raf , RICOH .raw, Olympus .orf (E-XX), Olympus .orf (C5050), Nokia 3gp, Kodak .dcr, Minolta .mrw, Nikon .nef (D1H/D1X), Nikon .nef (D2H/D2X), Nikon .nef (E5000/E5700), Sigma - Foveon .x3f, mp4, QuickTime .mov (Konica Minolta), .avi, QuickTime .mov format, .wav dan .dss.

Oh ya dengan adanya sofware semacam ini yang dapat memulihkan atau memunculkan kembali data atau file yang dihapus dari memory card atau flash disk, selain menguntungkan karena dengan mudah dan cepat memulihkan data yang tak sengaja dihapus atau kerusakan data ada sisi negatifnya. Loh kok negatif? buat yang menjual kamera digital atau ponsel yang berkamera sebaiknya memory card perlu diamankan alias gak ikutan dijual, mungkin ada foto atau video pribadi yang tidak layak dikonsumsi umum, atau perlu juga menggunakan sofware perusak data dan jangan heran pula di internet bertebaran foto-foto atau video pribadi yang kemungkinan dari recovery seperti ini.

Link buat download software PC INSPECTOR™ Smart Recovery


Post a Comment