Follow us on foursquare

Popular Posts

Thursday, April 30, 2009

WARNING! Hati-Hati Dengan Website Facebook Palsu


Buat pengguna Facebook saat ini harus lebih hati-hati dengan andanya Phishing Scam model terbaru dengan menggunakan alamat Facebook palsu, saat ini beredar message yang masuk ke Inbox dengan judul “Look at this!” atau link yang bernama fbstarter.com. 

Jangan coba-coba membuka link tersebut atau link lain seperti FBaction.net meski tampilannya sama dengan halaman login Facebook tetapi perhatikan alamat URL di bagian atas yang menunjukkan kalau halaman tersebut halaman palsu Facebook. Apa efeknya kalo sempat masukin username plus pasword-nya? secara otomatis program jahat spammer akan bekerja dengan mengirimkan secara otomatis pesan di wall atau inbox seluruh Friend yang ada di daftar, yang lebih parah lagi pengguna asli account tersebut tidak bisa lagi mengakses account Facebook-nya karena telah diambil alih spammer.

Kembali ke arti Phishing di jagat maya yang berarti pengelabuan berasal dari kata fishing atau memancing, dalam hal ini memancing informasi account yang kita miliki misalnya username dan password atau data pribadi pengguna seperti alamat email atau nomor kartu kredit misalnya. Pengelabuan ini menggunakan alamat website yang sama persis dengan aslinya sehingga pengguna alan terkecoh dan memasukkan semua data yang diinginkan, contoh kasus adalah website perbankan atau website yang seharusnya memiliki sekurity tinggi (umumnya alamatnya diawali dengan https:// bukan http://).

Untuk menghadapi Phising ini, cara termudah adalah tidak terkecoh untuk mengklik link yang mengatasnamakan atau tampilan sama dengan Facebook dan perhatikan baik-baik alamat URL di sebelah atas browser sebelum memasukkan username & pasword dan kalau udah terlanjur masuk dan tertipu segera reset password dan lapor ke pihak Facebook untuk mengaktifkan kembali account anda (barusan tadi juga dicoba ternyata langsung kena dan terpaksa reset pasword!!!). Hati-hati mungkin saat ini message tersebut belum masuk di Inbox atau Wall anda tetapi Phishing Scam ini menyebar cukup pesat apalagi bagi user dengan Friend sejumlah 5 ribu orang.

Screenshoot Message:

Written By: tamtomo
Comment on Facebook


Wednesday, April 29, 2009

TwitterBerry, Update Twitter di BlackBerry


Suka dengan microblogging seperti Twitter? dan anda pengguna setia BlackBerry? Tanggal 24 April kemarin telah dirilis aplikasi Twitter untuk perangkat BlackBerry yakni TwitterBerry 0.9 Beta 6. Meski masih taraf Beta aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan dan banyak sekali perbaikan dibanding versi sebelumnya.

TwitterBerry 0.9 Beta 6 sudah mendukung Twitgoo! yakni layanan Twitter dengan tambahan gambar atau foto selain microblogging. Tersedia pilihan untuk Update, melihat Friends Timeline atau Public Timeline serta My Timeline, dapat juga untuk melihat daftar Friends dan dapat digunakan untuk mengirim pesan secara langsung.

TwitterBerry dapat digunakan untuk semua tipe BlackBerry mulai dari tipe 7xxx series, 8xxxx series, Bold sampai dengan tipe Storm dengan software BlackBerry OS 4.1+ dan layanan BlackBerry Internet Browsing Service atau BlackBerry Enterprise Server atau direct TCP data connection.

Pengin cobain TwitterBerry 0.9 Beta 6? Download aja via perangkat BlackBerry dengan mengunjungi alamat ini http://orangatame.com/ota/twitterberry/

Written by: Tamtomo
Share & Comment On Facebook

Kuliah Jurusan Facebook? Kenapa Enggak?


Facebook dijadikan salah satu jurusan kuliah? Jangan kaget atau heran karena ternyata di Universitas Birmingham City Inggris telah menawarkan kuliah satu tahun untuk meraih gelar di bidang Facebook, MySpace dan Twitter, tepatnya gelar MA in Social Media. Biaya kuliahpun gak tanggung-tanggung, dalam setahun para siswa dikenai £ 4400 atau sekitar US$ 6200..! Program baru ini sudah diumumkan melalui video yang diposting di website universitas.

Untuk beberapa orang mungkin aktivitas Social Networking seperti Facebook-MySpace-Twitter mudah dipelajarialias otodidak tetapi tidak demikian pendapat dari pihak universitas yang menyatakan bahwa Sosial Networking dapat digunakan untuk tujuan marketing dan komunikasi (PR). Memang ada standar tertentu untuk mengikuti kuliah ini meski tidah harus seorang ahli komputer dan untuk selanjutnya memang tidak memerlukan kegiatan ilmiah sebagai persyaratan kelulusan. Salah satu mata kuliah yang diajarkan seperti membuat blog dan podcast online, termasuk pula mengajarkan bagaimana cara menggunakannya untuk sarana komunikasi serta membuat website Social Networking untuk keperluan marketing. Menurut rilis resmi universitas, setelah lulus jurusan Social Media ini diharapkan dapat menjadi salah satu konsultan Social Media, dapat berinovasi dan menekan biaya komunikasi sutau perusahaan menggunakan sarana Social Media serta diharapkan lulusannya dapat mengembangkan kemampuannya dalam industri Social Media termasuk dalam marketing communication, PR maupun web design.

Tertarik buat ikut kuliah jurusan Facebook ini? berkunjung aja di websitenya dengan alamat http://www.bcu.ac.uk/courses/media/socialmedia atau bahkan ada pengen mendirikan program serupa di tanah air? ...

Witten by: Tamtomo

Tuesday, April 28, 2009

The New Facebook® for BlackBerry® v1.5

Tanggal 22 April kemarin Research In Motion (RIM) pemilik BlackBerry merilis versi terbaru aplikasi Facebook® for BlackBerry® smartphones v1.5, banyak sekali perbaikan pada versi terbaru ini terutama dalam hal integrasi dengan perangkat Blackberry yang menjadikan seolah-olah tak terpisahkan antara BlackBerry dan Facebook.

Tampilan yang mudah dan eye catching, semua notifikasi (termasuk message, wall, tag dan komentar notes-foto atau video) akan segera muncul saat itu juga di halaman Facebook dan inbox Blackberry. Header terdiri dari ikon-ikon View Status Update, Upload a Photo, Friends, Add a Friends, Poke Someone, Write a Wall dan Send a Message, penggunaanya pun hanya sekali klik untuk mengaktifkan. View Status Updates digunakan untuk meng-updates status dan melihat secara live streaming update status dari Friends termasuk komentarnya, Upload a Photo untuk memasukkan foto ke halaman Facebook dengan cara Mobile Uploads tanpa melalui halaman website dengan sekali klik menambahkan judul dan tag beberapa teman pada foto. Untuk mencari dan menambah Friend juga mudah, hanya mengetik huruf abjad secara otomatis aplikasi ini akan mencarinya beserta statusnya kalo ada. Untuk menulis Wall, mengirim Message atau Poke teman juga mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci Friend yang akan dituju dan tulis pesannya.

Keunggulan versi ini adalah integrasi Calender dan Address Book antara yang ada di BlackBerry dan Facebook, foto profil Friend di Facebook dapat dijadikan sebagai foto kontak/ Caller ID di BlackBerry jadi foto yang muncul saat panggilan masuk akan sama dengan foto profil di Facebook. Semua kalender yang ada di Facebook seperti event yang akan diikuti atau reminder Ultah salah satu Friend akan diingatkan juga di perangkat BlackBerry. Fasilitas Direct dial juga ada di versi ini, jika teman yang ada di Facebook memiliki nomor ponsel tinggal sekali klik untuk memanggil atau apabila belum memiliki kita dapat meminta via pesan di Facebook.

Apabila masih menginginkan halaman Facebook versi mobile juga tersedia link buat ke Mobile Site atau mungkin mau ke Full Site juga bisa setelah masuk ke Mobile Site di bagian bawah ada link ke halaman Facebook Full Site. Pengen upgrade ke versi baru ini? meluncur aja ke mobile.blackberry.com buat download aplikasi ini atau buka Facebook versi Mobile di http://m.facebook.com trus di bagian bawah akan tersedia link Download the New Facebook Application for BlackBerry atau apabila pengen download via desktop ada di alamat http://na.blackberry.com/eng/devices/features/social/facebook.jsp

Screenshoots:



Written By: Tamtomo

Sunday, April 26, 2009

Google Logo (27.04.2009, Samuel Morse's Birthday


Logo Google hari ini gak muncul saat buka search engine itu? Hanya berupa garis-garis warna biru-merah-hijau-kuning? Yup, hari ini Google memperingati kelahiran Samuel Morse tanggal 27 April 1791.

Morse, nama lengkapnya Samuel Finley Breese Morse adalah seorang penemu asal AS. Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang disebut kode Morse.

Friday, April 24, 2009

Seratus Fitur Baru iPhone OS 3.0


Tanggal 17 Maret 2009 lalu, Apple sebagai pemilik merek iPhone mempresentasikan cetak biru dari software terbaru iPhone OS 3.0. Di versi terbaru Apple menjanjikan 100 fitur baru yang lebih inovatif dan dapat digunakan untuk iPhone maupun iPod Touch.

Seakan tak mau kalah dengan para pesaingnya OS terbaru ini fitur menarik seperti fungsi MMS (untuk kirim foto, kontak, audio file dan location), fungsi cut-copy-paste juga akan disertakan, membaca dan menulis email, teks atau notes secara landscape view, shake your shuffle buat ganti lagu dengan menggoyang iPhone serta adanya stereo bluetooth. Buat yang hobi dengan wifi atau hotspot gratis akan ada fungsi login otomatis, buat para ortu juga gak perlu kawatir karena akan ada parental control juga. Untuk fungsi pelacakan tersedia Spotlight dan aplikasi Voice Memo, seperti halnya dengan Blackberry, iPhone versi terbaru ini akan dilengkapi push notification misalnya untuk instant messenger dan satu lagi akan ada Aplle Maps API yang akan mengintegrasikan dengan Google Mobile Map.

Kita tunggu aja penampilan terbaru iPhone, terutama di Indonesia...

Comment On Facebook

Wednesday, April 22, 2009

Ikutan Voting di "Facebook Site Governance Vote"

Facebook mengadakan voting terbuka untuk memilih dua dokumen tentang "Facebook Principles and the Statement of Rights and Responsibilities" dan ini mengatur tentang Hak dan Tanggung Jawab pihak Facebook maupun pengguna karena selama ini pihak pengguna berada dalam posisi yang lemah.

Voting ini menindaklanjuti pengumuman Facebook yang merencanakan membuat "Site Governace" yang lebih transparan dan demokratis, sejak saat itu beberapa pengguna Facebook dan para pakar banyak memberikan masukan dan komentar tentang dokumen baru untuk mengganti "Facebook Principles and the Statement of Rights and Responsibilities" yang lama. Pihak Facebook akhirnya merevisi dokumen yang diusulkan tersebut dan mengadakan pengambilan suara untuk menentukan salah satu dari dokeumen tersebut yang akan digunakan.

Voting sudah berlangsung mulai tanggal 16 April sampai hari ini (23 April 2009), ada dua dokumen yang dipilih antara lain, "The proposed Documents" yang berupa revisi tanggal 06.04.2009 yang mencerminkan komentar dan masukan dari para pengguna Facebook dan para pakar yang diterima Facebook), pilihan kedua adalah "Existing Documents" yang berupa "Terms Of Use" yang saat ini berlaku dari tanggal 23.09.2008, dokumen ini dibuat sepenuhnya oleh pihak Facebook tanpa campur tangan pihak pengguna dan para pakar.

Kesimpulannya sih pilih aja yang pertama, saat ini pilihan pertama menjadi mayoritas dari 433.018 pengguna yang udah nge-vote..... Apa pilihanmu? meluncur aja di: SINI

Hasil Vote Saat Ini:

Comment On Facebook

Video Uploads Disabled

hari ini niat mo upload video-video lama ke fesbuk yang sempet direkam diberbagai acara, kebetulan baru nemu file-file lama di pc waktu mo mindahin ke laptop. tapi niat itu urung juga dengan agak kesel karena tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak fesbuk ternyata fasilitas upload video udah dinonaktifkan alias disabled, gak tau mulai kapan yang jelas tadi siang jam 12an udah ada peringatan kalo gak bisa upload lagi karena pertimbangan copyright.

ya, facebook lagi giat-giatnya kasih peringatan atau langsung remove video yang "dianggap" melanggar hak cipta terutama buat video-video musik yang kita share secara umum atau everyone, buat menghindari video di-remove atur aja share untuk friends aja. kadang facebook juga aneh juga memperlakuan video yang berhak-cipta ini, kadang digeneralisir semua video dianggap ilegal, mungkin ini beda dengan youtube dengan standar yang lebih tinggi. ada pengalaman seorang sutradara video klip yang posting video karyanya malah dapat peringatan melanggar hak cipta tetapi orang lain yang posting malah gak diapa-apain, ini yang aneh dan mungkin ada beberapa kasus lain yang lebih membingungkan.

memang pengguna facebook dalam posisi yang lemah dibanding pihak facebook, coba pelajari lagi terms of service yang mengatur penggunaan semua fasilitas facebook. kita akan tau kalo ternyata semua data kita termasuk data pribadi yang ada di facebook, foto-foto maupun video yang diupload akan menjadi milik sah pihak facebook dan dimungkinkan akan digunakan untuk kepentingan facebook sendiri. nah loh? lucu gak sih kalo foto profil kita nongol di iklan facebook di tipi atau website atau media luar negeri?

itulah sedikit curhat, tumpahan kekecewaan karena gak bisa upload lagi video (melalui facebook ini!), tapi semoga account ini juga gak ikutan dihapus alias disabled... dan mungkin yang minat liat video boleh tengok juga yang di http://youtube.com/tamtomotv atau juga di http://tamtomotv.blogspot.com


Tuesday, April 21, 2009

Google Logo (22.04.2009, Earth Day)


Tema: Earth Day
Date: 22 April 2009

Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Earth Day atau Hari Bumi, untuk mengingatkan tentang peringatan ini setiap tahun Google membuat logo khusus mulai tahun 2001 sampai dengan tahun 2009 ini. Semua logo menarik dan selalu mengingatkan akan pentingnye penyelamatan Bumi...

Selamatkan Bumi....

Google Logo Tahun Sebelumnya:

2008
2007
2006
2005
2004
2003
2002
2001

Monday, April 20, 2009

Google Logo (21.04.2009, Hari Kartini)


Tema: Hari Kartini
Date: 21 April 2009

Thursday, April 16, 2009

Indosat Launching Blackberry Storm Buat Saingi iPhone


Untuk mengimbangi pesaing terdekatnya, Indosat meluncurkan Blackberry Storm di Indonesia bahkan dii situs resmi Indosat sudah ada formulir pemesanan untuk produk ini. Blacberry Storm merupakan salah satu Blackberry dengan teknologi SurePress touch screen sehingga saat ini mirip dengan iPhone yang belum lama resmi dilaunching Telkomsel.

Teknologi SurePress yang diusung Storm memiliki kelebihan dibanding iPhone, Sure Press di Blackberry Storm bekerja seolah-olah menekan atau mengetik pada keyboard secara fisik, sangat halus dan lebih mudah mengetik maupun untuk navigasi. Jadi beda dengan iPhone yang sangat sensitif dengan pergerakan jari dan agak sulit untuk pemakai baru dan sering salah tekan.

Spesifikasi yang dibawa Blackbery Storm antara lain layar lebar (3.25 inc, 480x360 pixel), kamera 3.2 MP (termasuk video recording), touchscreen SurePress (portrait & landscape), MPEG4/ mp3 player dan on screen Keyboard. Untuk koneksi internet menggunakan HSPA bisa untuk email, messenger, browsing dan Blackberry Maps. Untuk aplikasi office dapat digunakan untuk membuka file MS Word, EXcell dan Powerpoint. Trus fungsi utamanya Blackberry Storm ini dapat digunakan kirim MMS selain SMS dan telepon.

Asesoris lain antara lain 3.5mm stereo headset capable, integrated earpiece/ microphone, built-in speakerphone, Bluetooth® v2.0, mono/stereo headset, handsfree, phone book access profile, and serial port profile supported (Bluetooth® technology). Untuk penyimpanan data Blackberry Storm mensupport micro SD card 1 GB (onboard memory) dan 128 MB flash memory.

Coba bandingkan dengan Blackberry lain seperti Bold, Curve atau Javelin yang sebelumnya diluncurkan Indosat. Atau kalo perlu bandingkan dengan pesain terdekatnya iPhone keluaran Apple dan Telkomsel. Soal harga sepertinya Storm akan dipatok lebih murah dibandingkan iPhone, kita tunggu aja respon kehadiran Blackberry Storm.

Yang berminat buruan meluncur ke situs Indosat di: SINI


Thursday, April 9, 2009

200 Million Strong Of Facebook


Mark Zuckerberg tadi pagi melalui blognya dan official page-nya mengumumkan bahwa penghuni aktif facebook saat ini sudah mencapai 200 juta pengguna. meski belum melampaui pesaing terberat myspace yang berjumlah 260 juta tetapi pemilik facebook ini optimis mengejar.

peningkatan tajam situs pertemanan yang dibikin 4 februari 2004 ini selain terjadi secara global tetapi juga terjadi di indonesia dengan munculnya demam facebook di berbagai kalangan. seperti diungkapkan mark, presiden amrik barrack obama dan presiden perancis nicholas sarkozy menggunakan media facebook untuk mengorganisir pendukungnya, belum lagi beberapa tokoh politik negara lain termasuk indonesia.

terlepas dengan pro dan kontra keberadaan facebook ini, selamat buat mark dan tim facebook atas perayaan 200 juta pengguna hari ini.


written by: tamtomo
comment on facebook

Sunday, April 5, 2009

Muziic Player, The YouTube Media Player

Meski baru sebulan diluncurkan, Muziic Player telah berhasil didonlod sebanyak sejuta kali di tanggal 28 Maret 2009 kemarin. Software pemutar video YouTube ini mengklaim sebagai yang pertama dan satu-satunya media player untuk mencari, memutar dan membuat playlist file-file video yang berjumlah jutaan video di YouTube. Yang menarik, Muziic Player dibuat oleh David Nelson, seorang remaja usia 15 tahun dibantu ayahnya Mark Nelson. David Nelson sendiri awalnya punya obsesi memiliki website seperti YouTube.

Prinsip kerja Muziic Player adalah dengan memanfaatkan software ID content yang ada di YouTube untuk mengidentifikasi file video bahkan dengan adanya kerjasama YouTube dan beberapa label besar akan tetap terdeteksi jumlah video klip yang diputar melalui Muziic Player.

Sebelum menjalankan Muziic, terlebih dahulu download Muziic Player + Encorder v1.143 di muziic.com masukkan alamat email dan pilih tempat untuk mendownload, saat ini selain di muziic.com tersedia juga di download.com dan rapidshare.com. Kemudian instal software tersebut di PC dengan catatan komputer dengan OS Windows XP/ Vista dan direkomendasikan memiliki minimal 1.0 GHz CPU dan memori 512 MB, dikarenakan nantinya Muziic Player bekerja secara streaming dari server YouTube maka dibutuhkan kecepatan koneksi internet dan plugin Flash Player terbaru untuk browser yang digunakan.

Setelah diinstal, ada beberapa langkah untuk menikmati keunikan Muziic, pertama cari file video yang diinginkan dengan mengetikkan kata kunci tertentu dan klik tombol Search dan muncul video yang sesuai, nama penyanti dan nama channel-nya. File video tersebut boleh langsung disorot untuk diputar atau dimasukkan playlist dengan menekan tombol + yang ada di sebelah kiri judul lagu. Playlist dapat disimpan dan dikemudian hari dapat diputar kembali.

Ukuran video dan kualitas video dapat diatur sesuai keinginan, ada thumbnail video yang disorot di bagian atas dan dapat diperbesar apabila ingin diputar dengan menekan tombol play. Muziic Player hampir mirip dengan iTunes atau Windows Media Player.

Sofware Muziic Player + Encorder v1.143, selain sebagai pemutar juga dapat digunakan untuk mengencorder file mp3 plus digabung album art atau cover album dan dijadikan file dengan kualitas tinggi berbentuk file flv (flash video) dan siap untuk diupload di YouTube. Buat yang senang berganti-ganti skin juga disediakan beraneka skin dan dapat membuat skin sendiri apabila tidak ada yang sesuai.

Penasaran? segera meluncur ke muziic.com, download software Muziic Player dan jangan lupa search channel TamtomoTV di YouTube, mungkin ada video yang menarik untuk dinikmati.

Written By: Tamtomo

Screenshot Muziic Player:



Comment On Facebook


Friday, April 3, 2009

Running Test Flock Browser, The Social Web Browser


buat penggila situs social networking, blogging dan microblogging dan beberapa situs web 2.0 lainnya saat ini sudah tersedia browser khusus. flock browser yang menyebut dirinya the social web browser telah mendukung layanan pertemanan facebook, myspace, twitter, layanan foto video youtube, flickr dan photobucket, layanan imel gmail & yahoo!mail, blogging dengan blogger.com, borkmarking delicious dan magnolia serta beberapa layanan lainnya.

flock browser, saat ini rilis versi 2.0.3 masih dibawah mozilla foundation yang sebelumnya sudah memiliki firefox browser. seperti firefox, browser baru ini dilengkapi dengan adds+on berupa extension, toolbar dan theme sesuai selera pengguna. banyak sekali adds+on yang menarik dan layak dicoba.

hari ini baru coba layanan untuk connect ke facebook, cukup login ke akun facebook kita dapat dengan mudah melihat status update teman, melihat semua aktivitas secara real time dan melakukan upload foto dan video dengan mudah.

mo cobain flock browser? meluncur aja ke: http://flock.com buat ngedonlodnya...

Screenshoot:

Comment On Facebook

Thursday, April 2, 2009

5th Gmail Anniversary

anda pemakai gmail? ya... layanan imel gratis dari google bulan april ini genap 5 tahun sejak diluncurkan tahun 2004 lalu. mungkin semakin banyak pengguna layanan ini karena kapasitas yang besar, saat ini sudah mencapai 7,3 gigabyte dan terus bertambah setiap detiknya. fitur-fiturnya juga menarik, mulai dari chating via gtalk, video chat, webclip, forwarder, labeling, filtering, pop/ imap4, buka imel di hp dan beberapa fitur yang bagus dari gmail labs yang sedang diuji.

sudah 5 tahun, sampai saat ini gmail masih menyandang status beta, gw inget pada saat launching untuk memiliki akun gmail sangatlah mahal dan langka, pada saat itu kapasitas normal imel gratis tidak sampai gigabyte da selalu bouncing apabila ikutan milis. saat itu untuk memiliki akun gmail perlu invite seseorang yang sudah duluan punya dengan jumlah invite yang terbatas. bahkan beberapa akun juga ditawarkan secara online untuk dihargai dengan nilai yang lumayan.

itu cerita dulu, sudah lima tahunan juga menggunakan imel dan jumlah imel di inbox saat ini bahkan berjumlah 50ribu imel!... tanpa dihapus sama sekali sampai saat ini... saat ini mungkin gw punya puluhan alamat imel dengan kepentingan berbeda tetapi cukup buka satu imel untuk memantau semua alamat imel itu dari pc ataupun dari perangkat mobile.

bicara tentang gmail labs, kita bisa mencoba fitur baru gmail yang belum dirilis contohnya gmail offline untuk membaca imel secara ofline tanpa sambungan internet, trus ada lagi 'task', ada juga preview di imel untuk layanan youtube, picasa, flickr dan yelp dan banyak lagi fitur yang harus dicoba termasuk game di gmail.

mungkin ada yang punya pengalaman sama?

Comment On Facebook

Wednesday, April 1, 2009

Google Logo (01.04.2009, April Fool's Day)

Tema: April Fool's Day
Date: 01.April.2009

Tema: April Fool's Day
(Google TiSP, Toilet Internet Service Provider)
Date: 01.April.2007