Follow us on foursquare

Popular Posts

Thursday, June 25, 2009

Pilih-Pilih Layanan BlackBerry


Cerita tentang pemilihan operator penyelenggara layanan BlackBerry Internet Service (BIS) gampang-gampang susah, di Indonesia saat ini ada tiga operator yang secara resmi mengoperasikan layanan BlackBerry meski beberapa waktu ke depan ada layanan dari operator lain seperti dari Axis dan Smart yang mengusung BlackBerry CDMA pertama di Indonesia.

Dari tiga operator saat ini antar lain XL, Indosat dan Telkomsel menyediakan layanan yang berbeda-beda. XL dengan paket harian 5000 perhari serta paket 150.000 perbulan, ini mungkin cocok dengan pengguna yang seringkali pengen mematikan BlackBerrynya misalnya ke luar negeri. XL BlackBerry ini dapat diaktifkan oleh pelanggan yang menggunakan kartu paska bayar XPlor dan kartu prabayar Bebas/ Kartu Jempol, layanan ini bersifat unlimited untuk chatting, imel dan browsing sepuasnya dengan mengikuti ketentuan yang berlaku seperti dikenakan tarif GPRS normal apabila browsing dengan Opera Mini serta streaming video atau audio.

Indosat memiliki paket untuk pengguna kartu pasca bayar Matrix, kartu prabayar Mentari bahkan Im3. Paket terbaru adalah yang diperkenalkan Saykoji dengan lagu Online, layanan IM3 BlackBerry Mingguan ini hanya dikenai 30 Ribu per minggu atau kalo dihitung perharinya hanya 4.200. Paket ini melengkapi paket BlackBerry On Demand Mingguan dan Bulanan untuk pengguna Matrix, Im3 dan Mentari dengan pilihan 50 ribu/ minggu atau 160 Ribu/ 30 hari. Syarat dan ketentuan berlaku untuk layanan ini sama dengan operator lain yakni unlimited tetapi ada batasannya.

Operator terakhir adalah Telkomsel, saat ini saya menggunakan layanan Paket Unlimited Rp.180.000 perbulan dengan kartu simPATI menggantikan layanan BIS dari Xplore XL yang sering error dan jarang menemukan jaringan 3G di pinggiran kota. Telkomsel memiliki jaringan lebih luas dan kuat dengan sinyal 3G yang lebih luas, sayang kan kalo BlackBerry-nya mendukung 3G tetapi cuman dapet GPRS terus. Paket Unlimited di Telkomsel, sesuai namanya bersifat tak terbatas untuk chatting, imel atau browsing tetapi tetap mengikuti ketentuan seperti dikenakan biaya GPRS Rp.5/kb untuk browsing via Opera Mini, akses video/ audio streaming serta digunakan sebagai modem.

Dari ketiga operator ini ada nilai plus minusnya tergantung keinginan pengguna, mau biaya murah atau lancar buat browsing. Cakupan dan kekuatan sinyal 3G ketiga operator juga berbeda-beda tergantung wilayah kita, maka sebelum memilih salah satu dari ketiga operator tentukan terlebih dahulu karna untuk berpindah-pindah operator juga tidak gampang. BlackBerry berbeda dengan handphone yang dapat berganti-ganti kartu sekehendak hati, meski registrasi bisa via SMS tetapi karena BlackBerry memiliki PIN dan IMEI yang terdaftar di Research In Motion (RIM) maka harus di-release terlebih dahulu oleh operator pertama sebelum dapat digunakan oleh operator kedua dan ini butuh waktu, pengalaman butuh setengah hari untuk mengurus pergantian operator.

Written By: Tamtomo Comment on Facebook
Post a Comment