Follow us on foursquare

Popular Posts

Thursday, July 2, 2009

Jangan Kalut Apabila Terkena Account Disabled di Facebook


Saat ini anda mengalami kejadian tidak dapat masuk ke account Facebook atau dapat masuk ke account tetapi ada peringatan atau Warning?.... Padahal Facebook anda memiliki foto atau video yang lumayan banyak atau jumlah Friends yang mendekati limit 5000 orang? Jangan panik dulu dan jangan buru-buru bikin acoount baru....

Dulu saya juga pernah mengalami pada account yang lainnya, team Facebook menutup akses ke Facebook tanpa Warning sama sekali tetapi langsung disable, mungkin secara tak tak sadar ada kesalahan yang kita perbuat yang menyebabkan account disabled. Pertama kita kirim email dulu ke alamat disabled@facebook.com dengan subject dan isi berbahasa Inggris tentang kasus yang dialami dan mintai diaktifkan kembali, team Facebook akan menjawab segera email tersebut dan kita tinggal ikutin aja yang diperintahkan pengirim imelnya dengan mereply terus tanpa merubah subject dan tetap menyertakan imel sebelumnya, Team Facebook akan memberitahukan kesalahan kita misalnya penggunaan nama di Facebook kita disuruh memberikan nama sesuai identitas kita bahkan kita disuruh kirim hasil scan ID kita misalnya KTP dan tunggu beberapa hari sampai ada pemberitahuan kalo account aktif kembali.

Perlu diketahui, Facebok memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi dan seharusnya dimengerti saat membuka account di Facebook, penutupan account oleh Facebook juga didasari oleh pelanggaran peraturan tersebut. Beberapa aturan yang penting dan perlu diperhatikan antara lain usia harus diatas 13 tahun (jika berusia antara 13-17 tahun harus ada ijin ortu), menggunakan nama sebenarnya bukan nama palsu atau nama orang terkenal lainnya atau informasi palsu lainnya, melakukan kegiatan yang merugikan atau mengganggu kinerja layanan Facebook misalnya melakukan spamming terus mengancam atau melecehkan pihak lain misalnya masalah SARA atau untuk kegiatan pornografi. Itu sebagian peraturan yang harus dipatuhi, peraturan lain dapat dilihat di http://www.facebook.com/terms.php

Sebenernya kalo belum sempat kena disabled oleh Facebook misalnya cuman dapet peringatan/ Warning aja, disarankan untuk tidak membuka terlebih dahulu selama seminggu atau minimal tidak melakukan kegiatan di account tersebut. Kalo udah terlanjur ditutup setelah mengirim email seperti langkah diatas tunggu 1-2 hari account akan kembali lagi dapat diakses. Ada banyak kegiatan yang meneyebabkan account Facebook ditutup, mungkin tidak disadari pemiliknya, contoh kecil selain penggunaan nama antara lain penggunaan fasilitas Wall dan Add Friends yang berlebihan atau mengirimkan Link yang berlebihan ke teman.

Berikut ada 13 alasan account Facebook dihapus oleh pengelola Facebook yang dikutip dari GetSatifaction.com antara lain:

1. Tidak menggunakan nama yang sebenarnya di Facebook. Buat yang gemar gonta ganti nama di Facebook harus hati-hati apalagi buat yang gemar mencantumkan nama toko publik atau bahkan nama palsu dari tokoh publik.
2. Terlalu banyak ikut Group apalagi yang lebih dari 200 group, Facebook akan mendeteksi dugaan penyebaran spam atau pesan sampah di wall grup yang diikuti.
3. Terlalu banyak mengirim message berupa Wall di tempat teman atau di grup yang diikuti apalagi yang mengandung unsur SARA, sebaiknya menggunakan fasilitas private message atau via Facebook chat.
4. Sama dengan nomor 3 tetapi pengiriman message berupa Wall di banyak Grup yang diikuti sekaligus dan akan diindikasikan sebagai spamming oleh Facebook, hati-hati yang rajin jualan di Facebook.
5. Terlalu banyak menambahkan teman di Facebook karena Facebook sendiri membatasi hanya 5000 orang dalam satu account dan biasanya mendekati angka tersebut akan dipantau oleh Facebook. Add Friend juga dibatasi dalam sehari tidak dapat sekaligus banyak, kalopun pengen cepet minta orang lain untut sugested friend atau dia yang add friend.
6. Nama sekolah/ kampus atau organisasi yang sesungguhnya dia tidak pernah ikutin, misalnya asal nulis nama kampus biar keren.
7. Menggunakan fitur Poke yang berlebihan, mentang-mentang rajin Fesbukan jangan asal colek ke banyak orang dalam sehari.
8. Mengiklankan aplikasi di Wall teman, contohnya aja aplikasi quiz yang diposting di halam profil teman atau apa aja yang berbau iklan atau spam.
9. Mengirim pesan yang sama persis isinya dan dikirim dalam waktu yang bersamaan dalam jumlah yang besar ke banyak teman, buat yang suka ngiklanin produk harus segera ganti strategi nih...
10. Mendaftarkan account Facebook untuk sesuatu yang bukan berujud manusia seperti binatang peliharaan atau nama suatu benda, sebaiknya bikin profil page aja untuk yang seperti ini.
11. Hati-hati untuk yang berumur di bawah 18 tahun apalagi memalsukan umur, perhatiakan peraturan saat mendaftar account.
12. Memposting sesuatu yang bersifat offensif, berbau SARA atau pornografi, hati-hati juga yang hobi memposting foto-foto pribadi yang gak layak dishare ke publik meski udah ada pengaturan privacy, only friend atau public.
13. Mengoleksi informasi dari dan dengan menggunakan Facebook melalui script apalgi untuk mengeruk keuntungan dari Facebook.

Dari tiga belas alasan tersebut mungkin kita baru sadar kalo itu suatu kesalahan, apalagi sudah mendapat peringatan atau warning bahkan sampai taraf disabled account. Intinya cuman satu: gunakan Facebook sewajarnya atau jangan berlebihan...

Written by: Tamtomo
Post a Comment