Follow us on foursquare

Popular Posts

Saturday, October 31, 2009

Google Doodle Today: Halloween On Google


Seperti biasanya Google memperingati hari-hari tertentu dengan membuat logo spesial atau lebih dikenal sebagai Google Doodle. Untuk hari ini Google di negara tertentu mengganti logo halaman utama dengan tema Halloween yang jatuh di tanggal 31 Oktober 2009, yang unik ada 4 buah logo sekaligus yang dapat dilihat bergantian dengan cara meng-klik logo tersebut beberapa kali. Kalo penasaran kunjungi aja homepage Google di http://google.de atau Google Jerman sekarang juga.

Kenapa tema Google Doodle kali ini Halloween? ya hari ini tanggal 31 Oktober 2009 diberbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada dan beberapa negara lain merayakan Halloween atau disebut juga All Hallows Eve, All Saints’ Eve, Samhain dan Hallowed End. Di perayaan ini sering kita kenal logo Halloween berupa llabu yang diukir membentuk wajah “menyeramkan” yang disebut Jack-o’-lantern. Di dalam Jack-o’-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap.

Kadang ada beberapa pesta perayaan dengan mengambil karakter-karakter yang sering dikaitkan dengan Halloween adalah setan dan iblis dari kebudayaan Barat, manusia labu, makhluk angkasa luar, penyihir, kelelawar, burung hantu, burung gagak, burung bangkai, rumah hantu, kucing hitam, laba-laba, goblin, zombie, mumi, tengkorak, dan manusia serigala. Karakter film horor klasik seperti drakula atau monster Frankenstein juga dipakai untuk perayaan Halloween.

Menurut Wikipedia Halloween berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno dan merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut “Tahun Baru Kelt”. Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Berikut Logo Tema Hallowen selengkapnya:





Buat penggemar dengan Google Doodle atau Google Logo Edisi Khusus dapat dilihat koleksi lengkap yang dikumpulin dari berbagai negara setiap ada edisi baru Google Doodle.

Link Koleksi:

Album Foto Facebook:
Post a Comment