Follow us on foursquare

Popular Posts

Sunday, October 25, 2009

RIP GeoCities Today (1994-2009)


Yahoo! akhirnya menutup jasa hosting gratis di GeoCities mulai hari ini (26.10.09) sesuai pengumuman yang dikeluarkan di http://geocities.com/ dan bagi pengguna GeoCities yang memiliki file-file tersimpan di sana segera back up sebelum dihapus pihak GeoCities atau mengikuti pilihan kedua yakni upgrade atau pindah ke Yahoo! Web Hosting yang artinya harus bayar sekitar $4.99 per bulannya yang termasuk mahal buat pengguna di Indonesia apalagi segitu hanya untuk 12 bulan pertama, berikutnya sih lebih mahal lagi yakni $9.95 per bulan.

Pilihan kedua ini dijanjikan oleh Yahoo! lebih mudah dari sebelumnya dengan domain yang lebih personal artinya dapat menggunakan domain .com atau .net atau sejenisnya, dapat terkoneksi dengan account email Yahoo!, tools baru buat bikin web/ blog, unlimited disk space and bandwidth, premium customer support dan masih banyak lagi yang dijanjikan Yahoo!. Mungkin kalo untuk hosting mending pake hosting lokal yang mungkin lebih murah dan yang terpenting mengutamakan produk lokal.

Rencana penutupan GeoCities sebenarnya sudah diberitahukan ke pengguna beberapa bulan yang lalu untuk memberikan kesempatan memindahkan atau mengambil file-file yang tersimpan di server GeoCities dan bagi pengguna GeoCities mungkin gak terlalu peduli karena layanan GeoCities juga gak terlalu bagus di banding layanan sejenis yang marak di dunia blogging sebut saja layanan Blogger.Com dari Google atau Multiply.Com atau saat ini sudah banyak dilupakan dengan adanya layanan Social Networking seperti Facebook atau Twitter. Bagi saya sendiri ada banyak account di GeoCities dengan berbagai alamat email Yahoo! tetapi fitur Geocities selama ini hanya dimanfaatkan buat menyimpan file gambar, file statik html dan file musik yang digunakan sebagai penunjang blog di Blogger.com jadi mungkin gak terlalu masalah dengan penutupan ini.

Sebagai sebuah kenangan buat para netters, GeoCities ini berdiri tahun 1994 David Bohnett and John Rezner dari Beverly Hills Internet (BHI) sebgai tempat hosting gratis website pertama kali di dunia. Tahun 1999 GeoCities dibeli Yahoo! dengan nilai $3.57 billion tetapi perkembangan GeoCities gak terlalu bagus dan banyak masalah sampai ketika Yahoo! di tanggal 23 April 2009 mengimumkan tidak membuka lagi registrasi layanan GeoCities dan hari ini menyatakan secara resmi tutup di tanggal 26 Oktober 2009. Data terakhir GeoCities memiliki 177 juta pengunjung pertahun di tahun 2008 dan data kunjungan ini selalu menurun per tahunnya contohnya di bulan Maret 2006 sebanyak 18,9 juta pengunjung terus di bulan Maret 2008 sebanyak 15,1 juta dan akhirnya cuma 11,5 juta pengunjung di bulan Maret 2009.

Selamat jalan GeoCities banyak kenangan pada saat awal-awal mengenal internet dari mulai belajar bikin website sampai download ilegal file mp3 lagu-lagu lawas.... he.. he...


Berikut sejarah Logo GeoCities:

Logo GeoCities Saat Ini:

Logo Tahun 1999:
Logo Tahun 1990:
Logo Pertama 1994:

Written By: Tamtomo
Comment On Facebook
Post a Comment