Follow us on foursquare

Popular Posts

Saturday, June 19, 2010

Foursquare Tips: Style Guide To Make New Venue


anda pengguna foursquare yang demen banget check-in di tempat yang sedang dikunjungi? biasanya saat akan check-in di suatu tempat secara otomatis tersedia pilihan venue/ lokasi terdekat dengan perangkat mobile yang sedang digunakan. permasalahannya kadangkala memang tempat yang akan dimasuki tidak tersedia atau sebenarnya tersedia tetapi gps di perangkat mobile tidak mendeteksi lokasi secara tepat dengan tempat yang terkini.

pilihan pertama kalau tidak tersedia seharusnya melakukan pencarian atau "search venue" terlebih dahulu baru apabila memang tidak tersedia ada pilihan "add venue" yang memang disediakan foursquare untuk menambahkan venue/ lokasi baru. pertimbangan untuk menambahkan venue baru tetap kembali ke syarat pertama yakni belum pernah dibuat atau tidak tersedia, baru dilakukan eksekusi "add venue". justru yang jadi masalah saat ini banyak sekali venue kembar atau duplicate yang asal-asalan dibuat pengguna foursquare karena kemungkinan yang bersangkutan tidak memiliki perangkat yang dapat mendeteksi lokasi jadi asal buat aja meskipun sudah ada venue yang benar.

pertimbangan lain adanya venue duplicate adalah masalah ke-mayor-an, ini bukan venue yang ada di jakarta pusat itu loh, ini tentang status pengguna yang menerangkan bahwa dia "penguasa" salah satu lokasi atau istilahnya "mayor". agak sulit memang menjadi "mayor" di suatu tempat kecuali venue milik pribadi, jadi cara instant ya bikin venue baru dan check-in di dua waktu yang berbeda akan menjadi "mayor". ini yang mungkin jadi kurang fair karena venue tersebut menjadi venue duplicate seolah-olah hanya bayangan.

cara mengetahui mana yang duplicate dan mana yang benar adalah dari peta lokasi/ pin di map yang sesuai, kemudian jumlah yang check-in juga menjadi indikasinya selain penamaan venue yang benar. tentang penamaan venue ini pihak foursquare sudah membuat panduan resmi atau "style guide" yang sebaiknya diikuti saat membuat venue.

berikut yang ada di "style guide" foursquare:

* For chains or venues with multiple locations, you no longer need to add a location suffix. So “Starbucks” or “Apple Store” is fine (instead of “Starbucks – Queen Anne” or “Apple Store – Uptown”).

* When possible stick with abbreviations: “Ave” instead of “Avenue”, “St” instead “Street”, etc


* Cross Street should be like one of the following:

- at Main St (for venues on a corner)

- btw 2nd & 3rd Ave (for venues in the middle of a block)


* Cross Street should not repeat the name of the street in the address.


kalo dilihat dari aturan di atas, tempat-tempat yang memiliki cabang di berbagai tempat/ mal gak perlu lagi menuliskan tambahan lokasi di kolom "name" tetapi cukup nama "brand" sedangkan nama mall atau tempat dimasukkan di kolom "address" saja diikuti dengan nama jalan apabila memungkinkan (kalo di indonesia disingkat "jl." bukan "jalan". sedangkan kolom "cross street" hanya diperuntukkan buat lokasi yang berada di persimpangan dua jalan atau berada di tengah-tengah blok. "cross street" ini juga jangan diisi dengan nama jalan yang sudah diisikan di kolom "address" sebelumnya. kalo ada data lengkapi juga kode pos di belakang nama "kota" dan "negara" beserta nomor telepon dan alamat twitter pemilik venue, ingat ini bukan alamat twitter kita.

kalo masalah peta yang tepat, silahkan lihat di peta di sebelah nama/ alamat venue dan tarik pin warna merah ke tempat yang benar, ini berhubungan dengan pada saat pencarian menggunakan perangkat gps dan kalau alamatnya jauh dari yang sesungguhnya gak bakalan terdeteksi.

masih bingung? lihat aja contoh dari screenshot venue milik "starbucks coffee" di bawah ini:




saat ini yang terjadi banyak sekali venue yang masih salah penamaaannya dan yang paling parah banyak yang kembar. pengalaman saat saya berselancar menelusuri venue-venue buat melihat-lihat venue yang akan di gabung/ merge banyak sekali lokasi salah tanpa check-in atau cuman satu orang yang check-in dan jika tidak dibetulkan menjadi banyak orang yang kesasar masuk venue... cara pintas memang langsung klik "mark as closed" buat venue/ lokasi tanpa penghuni tetapi kalo ada yang pernah check-in ya harus di-merge atau digabung, yang berhak melakukan penggabungan adalah pengguna foursquare dengan status "super user" dan kebetulan saya sendiri punya status tersebut..

ada tambahan atau revisi atau pertanyaan? boleh via twitter di @tamtomo2 atau gabung dengan saya di http://foursquare.com/user/tamtomo2.
Post a Comment