Search

Friday, January 15, 2010

Now Available Seesmic For BlackBerry BIS-B


Seesmic akhirnya merilis versi baru Twitter client untuk perangkat BlackBerry BIS-B (Blackberry Internet Service Browser) dengan beberapa tambahan fitur yang menarik dan cara penggunaan yang mudah bagi pengguna BlackBerry yang terbiasa menggunakan Twitter Clients lain seperti UberTwitter atau TwitterBerry. Versi terbaru Seesmiv For BlackBerry yang siap unduh di http://seesmic.com adalah versi 1.2.19

Selain tampilan yang memang mirip dengan UberTwitter, fitur lain yang serupa antara lain preview picture embed, ReTweet, Search Twitter, List dan GeoTagging. Ada yang berbeda seperti adanya Quote dan counter jumlah "@Reply" dan "Direct Message" yang belum terbaca pada Seesmic For BlackBerry sedangkan pada UberTwitter tersedia Trending Topic dan Menu Bar. Untuk Notifikasi adanya Tweet baru atau @Reply atau Direc Message baru juga tersedia pada Seesmic termasuk icon di homescreen BlackBerry. Fitur yang kita bahas kali ini antara lain ReTweet & Quote Function, Picture Preview, Google Map Location, Delete Tweets, Photo Sharing, URL Shortening dan List Support.

ReTweets dan Quote Function
ReTweet (RT) pada Twitter adalah memposting ulang tweet pengguna lain pada timeline kita sendiri, ada dua metode RT antara lain RT dengan diedit terlebih dahulu atau ada tambahan tweet dan di Seesmic dinamakan Quote, metode kedua adalan RT apa adanya tanpa diedit atau ditambah tweet lain dengan jumlah tetap 140 karakter dan disebut ReTweets saja di Seesmic.



Picture Preview
Seperti halnya UberTwitter apabila ada tweet pada Timeline yang terdapat link ke situs photosharing seperti yfrog atau tweetphoto maka secara otomati akan terlihat preview sebelum membuka secara langsung di browser BlackBerry.


Google Map Location
Fitur ini ada hubungannya dengan Geotagging pada Twitter apabila diaktifkan fitur tersebut. Pengguna dapat melihat peta secara detail sesuai Google Map yang tercantum di tweet.


Delete Tweet
Fitur ini sangat diperlukan apabila ada salah kirim tweets atau pengen memperbaiki tweet yang sudah terlanjur terkirim, untuk menggunakan fitur ini dapat melalui halaman My Timeline atau Home Timeline.



Photo Sharing
Jika pengen tweet kita sertai gambar atau foto maka kita juga memerlukan photo hosting, di Seesmic kita ada pilihan untuk menggunakan media provider yFrog atau tweetPhoto atau Twitpic. sedangkan cara upload juga ada pilihan ambil langsung dari kamera Blackberry dengan klik "Take a Photo" atau dari galeri album foto dengan klik "Add a Photo" dan pilih foto yang akan diupload.


URL Sortening
Twitter memiliki karakter terbatas sebanyak 140 sehingga untuk link suatu website yang akan dicantumkan di tweet biasanya akan panjang sehingga diperlukan penyingkat URL atau URL Shortening. Setelah menuliskan alamat URL yang akan di tweet lalu klik aja button "Shorter URL" untuk menyingkat URL yang panjang menjadi lebih pendek, saat ini menggunakan bit.ly.


List Support
Fitur baru List di Twitter yang berisi kumpulan pengguna Twitter yang diikuti juga diterapkan di Seesmic For BlackBerry cuma bedanya dengan yang ada di UberTwiter belum ditemukan cara menambah atau menghapus anggota List.



ScreenShot:



No comments: