Search

Monday, May 10, 2010

Twitter Bugs Today: Zero Follower, Zero Following


dinihari tadi terjadi kehebohan para pengguna twitter dari seluruh penjuru dunia, terutama bagi tweeps yang memiliki pengikut/ follower ribuan bahkan jutaan dengan adanya kejadian yang menimpa twitter saat terjadi bugs. entah dikarenakan serangan hacker atau apapun, pihak twitter telah mengidentifikasikan adanya usaha untuk memfollow pihak tertentu yang tidak dikehendaki dan buntutnya jumlah follower/ following reset menjadi nol alias kosong.

kepanikan melanda dunia twitter selama kurang lebih satu jam sampai sekitar jam 01.15 wib, mengakibatkan lonjakan tweet tentang kehilangan follower dan twitter bug sampai menjadikan tiga kata kunci "following 0", "Twitter Bugs Lets You" dan "Zero" masuk dalam trending topic twitter. meski secara tampilan followers/ following hanya berjumlah nol atau zero atau 0 tetapi pengguna masih dapat membaca timeline tweet para following-nya serta masih bisa reply atau mention pengguna lainnya. bagi pengguna aplikasi ubertwitter di blackberry mungkin tidak masalah tetapi bagi pengguna pc menjadi masalah karena harus hapal username yang akan di mention.

bagimana dengan para selibriti twitter yang memiliki jutaan pengikut atau follower, tercatat akun milik "ashton kutcher" @aplusk dengan pengikut 3.8 juta juga lenyap tersisa angka nol sampai @aplusk pun ngetwit kalo twitter dihack oleh hacker dari turki. tak luput dengan zero-ing follower ini akun resmi @twitter -pun juga mengalami hal yang serupa, sempat dicapture beberapa screen dari akun twitter seperti di bawah.

buat pengguna twitter dari indonesia, kasus bugs di twitter ini menjadi bahan bercanda selain rasa panik seperti tentang @jokoanwar yang harus telanjang lagi di circle k buat mengembalikan jumlah followernya lagi. tetapi kepanikan tersebut tak berlanjut sekitar pukul 01.15 wib dengan nongolnya jumlah follower/ following secara utuh tanpa berkurang atau bertambah dari sebelumnya.

pihak twitter-pun akhirnya merilis peryataan resmi melalui blognya tentang bugs ini: "We identified and resolved a bug that permitted a user to “force” other users to follow them. We’re now working to rollback all abuse of the bug that took place. Follower/following numbers are currently at 0; we’re aware and this too should shortly be resolved." pernyataan lain juga menyatakan kalo private tweets tak akan terekspose ke publik dengan adanya kejadian ini.

saat ini twitter sudah normal kembali tanpa adanya bugs lagi... yang belum follow silahkan follow saya di @tamtomo2...

Screenshot:




No comments: