Search

Friday, April 18, 2014

Who Unfollow Me? Cara Mengetahui Unfollower Di Twitter



anda pengguna twitter yang memiliki jumlah follower atau pengikut yang lumayan? pengen tau juga kenapa kok selalu ada yang nambah jadi follower tapi jumlahnya tetap atau malah berkurang? faktor penyebabnya adalah ada beberapa orang yang unfollow alias berhenti menjadi pengikut twit kita.

yang membedakan twitter dengan layanan seperti facebook adalah kalo di twitter dikenal istilah follower atau pengikut dan following atau yang kita ikuti, keduanya bisa berbeda orangnya karena orang yang kita follow belum tentu juga menjadi follower kita. bedakan dengan friend yang ada di facebook yang berinteraksi dua arah, artinya kedua belah pihak bisa saling melihat update masing-masing. di twitter akhir-akhir ini juga ada istilah follback alias follow back yang artinya orang yang sudah menjadi follower kita minta untuk di follow balik agak menjadi dua arah tetapi ini bukan aturan resmi twitter jadi terserah yang bersangkutan mau follback atau tidak.



pengen tau juga apakah orang yang kita follow juga follow kita sangat gampang, yang jelas apabila kita buka profil yang bersangkutan tidak ada pilihan "direct message..." untuk mengirim "direct message" (lihat screenshot) atau kalo dari aplikasi mobile bisa kelihatan kok seperti mencoba kirim "direct message".


trus kalo pengen tau juga nama-nama orang yang sudah berhenti menjadi follower kita juga gampang meskipun di twitter tidak ada notifikasi apabila ada yang unfollow seperti notifikasi saat menjadi follower. banyak tools yang dapat digunakan dan selama ini sudah dicoba hasilnya sama dari tiga layanan yang digunakan. resiko dari menggunakan tools ini kita sedih liat orang unfollow kita apalagi kita kenal orang yang unfollow tetapi hikmahnya kita jadi mawas diri kalo mungkin udah nyampah di twitter dan membuat orang lain unfollow. hikmah lain tau kalo yang unfollow itu bots dari orang bule yang mungkin dia mengharapkan kita follback atau bahkan bingung dengan bahasa yang digunakan buat nge-twit.

ada tiga tools yang direkomendasikan buat dicoba dengan cara yang berbeda, pertama @unfollowr yang mengharuskan kita memfollow akun @unfollowr di http://twitter.com/unfollowr milik orang rusia yang akan memberitahukan via direct message/ dm nama-nama orang yang unfollow kita dalam waktu tertentu, jadi bukan satu persatu.



cara kedua menggunakan layanan website qwitter di http://useqwitter.com/ cara pemberitahuan kalo ada yang unfollow juga berbeda yakni menggunakan email bukan dm, caranya setelah buka web itu isikan username twitter dan alamat email buat notifikasi.



cara ketiga tanpa notifikasi via email atau direct message tetapi kita cukup mengunjungi halaman http://who.unfollowed.me/ trus login pake akun twitter klik "sign in with twitter" dan secara lengkap ada history unfollower termasuk juga update terakhir setiap 10 menit apabila ada unfollower terbaru. yang lebih enak di situ terlihat apakah orang yang unfollow itu juga kita follow dan kalo mau bales unfollow yang bersangkutan tinggal klik unfollow. ada juga sih yang pro alias bayar dengan fitur tambahan seperti manually check unfollowers anytime, automatically check unfollowers daily, unfollow/follow your unfollowers, tweet your unfollowers with a 'callout' dan expanded unfollower history.


silahkan pilih dari ketiga tools ini yang mau dipake, semuanya juga bisa dipake buat perbandingan karena siten notifikasi ketiganya juga berbeda... silahkan follow juga saya di http://twitter.com/tamtomo2 untuk update yang lain...

written by tamtomo

10 comments:

harrsat said...

keren.. thanks..

Tamtomo said...

terima kasih telah mengunjungi kami...

Tia Nurul Afifah said...

makasih ya informasinya,yang tadinya ngga tau bisa jadi tau

singolion said...

makasih atas posting yang berguna ini. yang unfollow sebelum kita menggunakan fasilitas ini gak ketahuan ya? saya sudah coba.

tamtomo said...

ya iyalah om singolion... yang lalu biarlah berlalu..

wikawiki said...

Nice inpo om...mau nanya sekalian boleh gak om..kalo tampilan friend request ilang d twitter ada cara buat balikin gak yah :( soalnya saya gak bisa nrima new follower saya jadinya #cedih

Software Download Full said...

Makasi boz ......

Unknown said...

Thanks mas bro!!

Unknown said...

Thanks mas bro!!

Unknown said...

Salam kenal mas bro,
makasih buat solusi dan informasinya...
Saya ijin praktekin yaaaa.