Search

Wednesday, April 2, 2014

Happy 10th Anniversary Gmail!



Masih ingat dengan akun Gmail 10 tahun lalu? Masih ingat dengan susah payahnya mendapatkan invitation buat membuka akun Gmail 10 tahun lalu? Tanggal 1 April 2014 adalah ulang tahun ke 10 layanan email gratis dari Google yang diluncurkan dalam versi private beta di tahun 2004 dan dirilis publik tanpa invitation di tahun 2007 serta melepas status beta di tahun 2009, Google butuh waktu 6 tahun untuk melepas label Beta di Gmail.

10 tahun lalu tidak banyak layanan email yang menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar, saat itu jumlah 1 GB sungguh melegakan bagi pengguna email gratisan dibanding beberapa layanan lain saat itu yang sudah ada sebelumnya seperti Yahoo! dan Hotmail. Kapasitas penyimpanan ini setiap detik akan bertambah dan di tahun 2012 kapasitas penyimpanan ditingkatan dari 7,5 GB menjadi 10 GB dan terus bertambah setiap detik. Akhirnya Google menggabungkan kapasitas penyimpanan Gmail dengan Google Drive dan Google+ Photo menjadi 15 GB. Dengan kapsaitas penyimpanan sebesar itu tidak perlu susah payah menghapus pesan-pesan email di Gmail. Dan bagi yang masih kurang Gmail menyediakan akun berbayar dengan kapasitas sampai dengan 30 TB!.

Dari segi tampilan, Gmail 10 tahun dengan Gmail sekarang masih sama dengan banyak tambahan fitur-fiturnya, terakhir Gmail menambahkan fitur Gmail Shelfie dalam rangka April Mop. Kapasitas penyimpanan dan kemampuan mengirim email sampai 25 MB per 1 imelnya menjadi kekuatan tersendiri dari Gmail. Apalagi saat ini akun Gmail sudah terintegrasi dengan akun Google yang lain seperti YouTube, Blogger, Play Store, Google Maps dan lain-lain termasuk akun sosial media yang lain.

Kalau dari sejarahnya, nama Gmail itu artinya gratis dan pada awalnya nama layanan Google tersebut dinamai Google Mail dan dibeberapa negara menghadapi isu trademark sehingga masih membawa nama Google Mail. Layanan Gmail menjadi pioner layanan imel dengan fitur push mail, label email, conversation view dan lain-lain.

Hari gini masih belum punya akun Gmail? Silahkan daftar aja ke alamat ini https://accounts.google.com/SignUp

Happy 10th Anniversary Gmail...

More about Gmail: http://pcholic.blogspot.com/search/label/Gmail

Wajah Lama Gmail:





No comments: