Follow us on foursquare

Popular Posts

Wednesday, November 3, 2010

Cara Pengaturan "Privacy Setting" di Twitter & Akibatnya



kali ini akan bicara tentang twitter terutama masalah pengaturan privacy, seperti layaknya beberapa layanan sosial yang berinteraksi langsung dengan orang banyak atau publik atau sekedar teman twitter juga memiliki pengaturan untuk membatasi publikasi tweet atau kicauan kita. mungkin ada beberapa yang belum mengerti atau menyadari dari efek samping pengaturan ini yang mungkin menjadikan kesalahpahaman.

pertama kali silahkan meluncur ke halaman http://twitter.com/settings/account yang berisi hal-hal untuk mengatur akun twitter seperti data account, password, pengaturan mobile, pengaturan notifikasi, pengaturan profil, desain halaman profil sampai dengan pengaturan koneksi dengan layanan pihak ketiga.


pengaturan privacy yang penting untuk diatur sesuai keinginan adalah:

- tweet location: berisi data lokasi saat kita berkicau, jangan kasih tanda centang di kotak depan tulisan "add a location to your tweets" kalo tidak menginginkan ada data lokasi.
- tweet privacy: fitur ini berfungsi untuk mengunci halaman profil twitter kita, centang kotak di depan tulisan "protect my tweets" apabila menginginkan.

dari pengaturan di atas pasti ada resiko atau efek sampingnya terutama pada pengaturan tweet pivacy "protect account":

- hanya follower dan pemilik akun yang bisa baca tweet-nya
- pengguna lain yang pengen follow harus menunggu approval terlebih dahulu sebleum bisa melihat tweet.
- tweet tidak bisa dibaca pengguna tweet yang bukan followernya.
- retweet dari akun yang terkunci ini juga tak terbaca oleh yang bukan followernya kecuali apabila retweet dalam bentuk quote atau cuplikan disertai komentar.
- mention/ reply buat pengguna yang bukan followernya juga tidak akan terbaca oleh yang bersangkutan, jadi sia-sia aja kalo mention orang lain tapi bukan followernya karena gak akan masuk di list mention/ reply.

sebenarnya keberadaan pengaturan ini diperuntukkan bagi pengguna yang hanya pengen kalangan tertentu saja yang membacanya, mungkin lingkungan teman atau keluarga saja tetapi banyak yang gak menyadari kalo efek sampingnya seperti itu sehingga yang bersangkutan main mention buat seseorang dan merasa ratusan kali gak di reply satupun dan menganggap sombong yang bersangkuta, rasanya kita harus liat kegunaan masing-masing.

baca juga yang ini: Cara Mengatur Privacy di Twitter

gunakanlah twitter dengan bijak.. happy tweeting...


Related Post: http://pcholic.blogspot.com/search/label/Twitter

Twitter Release New Features "Multi Photo Upload" And "Photo Tagging"
Twitter’s Going To Open An Office In Indonesia?
Twitter Launch #FirstTweet To Celebrate Twitter’s 8th Birthday
The Latest Product And Policy Updates From Twitter


screenshot:





Post a Comment