Search

Tuesday, April 19, 2011

Yotomo: Pemain Baru Layanan Social Check-in Berbasis Lokasi


satu lagi layanan social check-in hadir di indonesia, khususnya kawasan asia tenggara mulai tanggal 16 april 2011 lalu berbarengan dengan perayaan foursquare day. peluncuran layanan berbasis lokasi yang juga berhubungan dengan foursquare tersebut bernama "yotomo" dan jika diliat dari halaman "about us" di situsnya, layanan tersebut berasal dari negeri tetangga singapura yang berkolaborasi dengan better-b dari indonesia dengan aplikasi "yotomo for blackberry".

versi pertama dari "yotomo for blackberry" versi 1.0 sudah dapat diunduh melalui situsnya di http://yotomo.better-b.mobi/ dan diujicoba buat penggemar layanan social checkin yang menggunakan perangkat blackberry. sedangkan bagi pengguna iphone/ ipad/ ipod touch serta perangkat androin harus bersabar dulu karena masih "coming soon".

layanan "yotomo" mirip dengan layanan social lain seperti foursquare, gowalla bahkan koprol dari indonesia tetapi dari pembuatnya lebih diutamakan bagi kepentingan bisnis sebagai contoh venue-venue yang sedang atau akan menyeleggarakan suatu event. keunikan lain dari layanan "yotomo" selain juga menyediakan "badge" lokal (contohnya badge "indonesia") juga tersedia menu "coupon" (mungkin ke depan berisi promo/ special mirip penawaran yang ada di venue bisnis foursquare).

cara penggunaan "yotomo" tergolong mudah, setelah melakukan pendaftaran melalui situsnya http://yotomo.com atau versi blackberry kemudian link akun foursquare yang dimiliki serta akun facebook dan twitter untuk share activity "yotomo"". sayangnya untuk login di aplikasi "yotomo for blackberry" masih diperlukan lagi login akun "foursquare" setelah login akun "yotomo".

setelah melakukan pendaftaran dan aktifasi akun ini di perangkat blackberry, pengguna dapat mencari venue/ lokasi sekitar dan melakukan check-in seperti layanan social check-in lain. check-in yang dilakukan di "yotomo"" juga akan di share juga ke akun "foursquare" yang berarti multiple check-in dengan mendapatkan dua badge berbeda yakni di "yotomo" dan "foursquare" apabila venue yang dikunjungi menghasilkan suatu badge di "yotomo" dan "foursquare".

hubungan "yotomo" dan "foursquare" selain penggunaan venue yang sama juga adanya list friends foursquare yang ikutan masuk ke timeline halaman "home" layanan "yotomo" beserta lokasi check-in teman tersebut.

untuk saat ini versi blackberry dari "yotomo" sudah tersedia untuk berbagai tipe dan os yang ada sesuai yang dimiliki pengguna termasuk blackberry yang jadul. tentang daya tarik lain berupa reward, saat ini sudah terlihat ada beberapa badge yang sudah tersedia salah satunya badge "japan relief" yang khusus diunlock saat peluncuran "yotomo" di salah satu bar di kawasan selatan jakarta tanggal 16 april 2011 lalu.

Berikut rincian badge yang ada seperti di bawah ini:

Indonesia
Show Your Local Identity. Welcome to Yotomo Indonesia

Cara Mendapatkan: Cek in di venue yang berada di Indonesia


Japan Relief. 
Thank for your donation! Thank you for unlocking this badge. For Every unlocked badge, Yotomo donates IDR 10.000 for Japan Relief program.

Cara Mendapatkan: Check-in tanggal 16.04.2011 saat launching "Yotomo" di Jakarta. *note: sementara retired* -

Yotomo Friend
You are truly our friend
Thanks for visiting our head quarter, come back soon next time

Cara Mendapatkan: Check-in di head quarter Yotomo -  Better-B, BlackBerry® Alliance Elite Member
Angkutan Umum
Thanks for taking public transportation
Congrats for your third bus station stops. Just make sure you still have all your belongings and safe trip

Cara Mendapatkan: Check-in di sarana transportasi umum - halte TransJakarta - Busway yang ada di Jakarta, contoh "Halte TransJakarta Ragunan"

Perempatan Jalan
We hope you are not stuck in the traffic
This is your second stops at an intersection. We hope this badge will put a smile on your face :), safe drive

Cara Mendapatkan: Check-in di venue perempatan jalan, contoh "Perempatan Lebak Bulus"
Kartini
In honor of our national hero
Your works, thoughts and life will always inspire us

Cara Mendapatkan: Check-in di venue mana aja (bebas) di tanggal 22-23.April.2011
Support Local Products
Love your local products
Thank you for supporting local products

Cara Mendapatkan: Check-in di venue "INACRAFT (International Handicraft Trade Fair) 2011"

Earth Day 2011
Your pledge count! Our earth needs it
Thank you for your pledge to save our beloved earth

Cara Mendapatkan: Check-in di venue bebas menggunakan shout "#EarthDay2011 Happy Earth Day 2011" bisa ditambahin kata-kata tentang kepedulian lingkungan yang lain.


Easter Egg 2011
You found one! :)
Congrats on your finding, sorry no surprise inside

Cara Mendapatkan: Check-in di venue bebas menggunakan shout "Happy Easter"







Berikut Capture Aplikasi Yotomo for Blackberry:




1 comment:

U-jump said...

Bro Tamtomo, mau tanya soal Yotomo untuk badge Yotomo Friend kenapa gak bisa di unlock ya sudah ci di head quarter Yotomo - Better-B, BlackBerry® Alliance Elite Member sebanyak 3x tapi tetap saja gak dapet badgenya ??
Mengenai badge Angkutan umum, dan Perempatan Jalan juga sama nih udah CI di venue yg dimaksud sekitar 3x tetap saja gak ke unlock ?
Mohon pencerahannya. Terima kasih.