Search

Thursday, June 16, 2011

Overview of Foursquare Privacy Settings

Beberapa waktu yang lalu tampilan foursquare di bagian setting/ pengaturan akun sedikit berubah dengan sesunan yang vertikal mulai dari "Your Profile", "Sharing with other networks", "Privacy Settings", "Email Notification Settings" dan "Connections to other apps'.

Sedikit pengguna foursquare yang memperhatikan bagian tersebut yang sebenarnya sangat penting terutama pengaturan yang bersifat privacy. Kali ini dibahas satu persatu cara pengaturan yang sesuai keinginan masing-masing. Untuk melakukan pengaturan, buka terlebih dahulu halaman ini https://foursquare.com/settings

Your Profile
- Dibagian ini yang akan terlihat secara umum adalah Profile Picture, Name (depan dan belakang) dan Location (lokasi di sini bukan menandakan lokasi terakhir check-in tetapi lokasi yang didaftarkan).


Sharing with other networks
- Layanan yang dapat disambungkan dengan foursquare adalah Twitter dan Facebook dan semua yang dipublish akan dapat terlihat di timeline Twitter maupun Facebook wall.
- Dapat ditentukan mana saja yang perlu di share ke layanan lain tersebut, antara lain "check-in", "mayorship" dan "unlocked new badge".
- Untuk pengaturan share check-in juga dapat dilakukan saat check-in.
- Apabila ada masalah misalnya tidak terjadi share check-in atau unlock badge ke akun Facebook saat check-in coba disconnect terlebih dahulu kemudian di link-up ulang akun facebook di foursquare.


Privacy Settings
- Pengaturan privasi ini terbagi 2 macam yakni "Contact Information" dan "Location Information".
- Di bagian "Contact Information" dapat ditentukan apakah nomor telpon dan alamat email kita dapat diketahui oleh teman foursquare kita. Ada juga pengaturan yang memungkinkan pengguna foursquare lain dapat menemukan akun foursquare kita melalui Twitter maupun Facebook
- Location Information mengatur informasi yang terkait dengan check-in kita, apakah nama kita/ profile picture akan ditampilkan di halaman venue saat check-in atau tidak terlihat di "Who’s Here". Di sini tentang keikutsertaan dalam mayorship juga bisa diatur apakah akan ditampilkan atau tidak dengan resiko tidak akan menjadi mayor di suatu venue.
- Di bagian ini juga dapat diatur apakah nama kita akan dicantumkan bersama dengan teman yang check-in bersamaan di suatu venue dan terlihat di timeline twitter maupun facebook wall.
- Di beberapa venue business akan terlihat oleh manager venue pengguna foursquare yang check-in di venue-nya dan kita dapat menentukan apakah ikutan dalam data tersebut atau tidak.
- Tentang Privacy ini bisa dibaca juga secara lengkap di halaman Privacy 101 alamat https://foursquare.com/privacy/


Email Notification Settings
- Di bagian ini adalah pengaturan tentang notifikasi apa aja yang akan diberitahukan ke alamat email kita.
- Notifikasi yang dapat diatur adalah check-in teman, friend request maupun konfirmasi friend request kita, unlocked new badge, ousted mayorship serta komentar di check-in kita maupun reply dari komentar kita.
- Newsletter ataupun pemberitahuan dari foursquare juga dapat diatur disini, mau terima atau tidak.


Connections to other apps
- Disini dapat diatur akses bagi aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan foursquare.
- Dari bagian ini dapat melakukan "Revoke Access" untuk menghentikan koneksi dengan aplikasi lain.
- Biasanya juga dilakukan pada saat ada masalah dengan koneksi aplikasi tersebut.

No comments: