Search

Monday, March 7, 2011

Foursquare Tips: Guidelines Check-in Photo And Venue Photo

fitur baru foursquare akhirnya dapat dinikmati pengguna foursquare for blackberry versi baru setelah sejak desember 2010 lalu hanya pengguna iphone dan android aja yang dapat mengupload foto langsung dari perangkat mobile ke venue. meskipun memang foursquare for blackberry belum dilengkapi fitur komentar seperti pendahulunya (iphone/ android).

dengan fitur baru ini sering kita liat foto-foto yang bertebaran di beberapa venue meskipun kadangkala foto yang diupload dan dapat dilihat pengguna lain tidak ada hubungannya dengan venue yang bersangkutan atau bahkan bersifat pribadi. (coba silahkan cek hasil upload foto masing-masing di venue public).

berikut mungkin sedikit panduan bagi pengguna foursquare dalam mengunggah foto ke venue terutama di halaman venue (public) maupun foto saat check-in (private).

aplikasi support photo uploader:
- untuk saat ini baru aplikasi foursquare for iphone, android dan blackberry yang dapat digunakan untuk mengunggah foto ke venue check-in.
- pastikan aplikasi terbaru untuk ketiga perangkat tersebut yang terpasang

check-in photo dan venue photo:
- ada 2 macam jenis pengunggahan foto yakni check-in photo yang hanya dapat dilihat oleh teman foursquare maupun kalangan umum apabila sudah di-share link-nya melalui twitter, facebook dan email. sedangkan check-in venue bisa dilihat oleh umum (public) karena berada di halaman utama venue.
- check-in photo bisa ditambahkan saat melakukan check-in yang diikuti dengan klik "+add a photo", bisa ambil langsung dari kamera perangkat atau ambil dari galeri foto yang ada di perangkat.
- venue photo bisa ditambahkan dari aplikasi foursquare mobile dengan terlebih dahulu membuka halaman venue dan klik "+ add a photo" kemudian bisa ambil langsung dari venue atau dari galeri foto di perangkat mobile.

best photo practice guide:
- berhubung venue photo bisa diliat pengguna foursquare secara umum (bukan hanya friends) maka sebaiknya memenuhi panduan yang sudah ditetapkan. meskipun sebenarnya foto yang dianggap tidak sesuai juga bisa di-flag dan dihapus dari halaman venue.
- berikut panduan dari foursquare untuk venue photo:
  lighting and framing (pencahayaan dan sudut pengambilan gambar)
  originality (keaslian foto dan tidak ada yang memiliki hak ciptanya)
  keep it appropiate (mengindahkan kelayakan dan sopan santun)
  be respectful (memperhatikan sifat privacy dari foto yang akan diupload)
  be yourself  (foursquare is a community of people & u're a big part of that. take photos & have fun)

diharapkan dari panduan di atas, pengguna foursquare harus hati-hati dan tidak asal upload foto sembarangan di venue atau bahkan cukup mengupload sebagai check-in photo bukan venue photo.


#contoh venue photo:




#contoh check-in photo via iphone:



#contoh check-in photo via blackberry:


No comments: