Search

Friday, March 7, 2014

Google Celebrates International Women's Day 2014 With A Video Doodle


Hari ini Google merilis Google Doodle edisi spesial dalam rangka "International Women's Day 2014" yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Berbeda dengan Google Doodle International Women's Day tahun lalu yang hanya menampilkan gambar-gambar karakter wanita dari seluruh penjuru dunia, untuk tahun ini sangat spesial dengan tokoh-tokoh wanita mengisi video dalam rangka "International Women's Day 2014" dan memberikan ucapan dengan berbagai bahasa.

Tampilan awal Google Doodle didominasi ikon gender wanita dengan warna-warni khas Google, Huruf kedua "O" dari Google digantikan ikon gender wanita ukuran lebih besar dengan tombol "Play" di bagian tengah lingkaran. Apabila diklik tombol "Play" tersebut akan tampil video testimonial dan ucapan "International Women's Day 2014" dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia yang dibawakan sarah Sechan.

Selain Sarah Sechan dari Indonesia, ada tokoh kartun Dora The Explorer, Malala Yousafzai (aktivis wanita dari Pakistan), Asha Bhosle (penyanyi India), Mary Kom (petinju wanita dari India), ada juga presiden Lithuania "Dalia Grybauskaitė". Video testimonial ini juga menampilan backsound lagu dari Maria Daulne alias Zap Mama (salah satu artis Belgia).

International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret dengan tema "respect and appreciate women’s achievements", peringatan tersebut disyahkan oleh UN (PBB) tahun 1975 dan untuk tahun 2014 inimengambil tema utama “Equality for women is progress for all.

Rilis resmi dari Google di halaman YouTube:

Women have historically been underrepresented in almost all fields: science, school curricula, business, politics—and, sadly, doodles. In addition to our continued effort for doodle diversity and inclusion (see progress on http://google.com/doodles), today's truly International Women's Day doodle features a host of inspiring women from around the world, including the President of Lithuania, a brave Pakistani education activist, an ever-curious explorer, and dozens more. Find the full list of participants: http://goo.gl/cAvkcb 

Video YouTube "International Women's Day 2014":

No comments: